Sekolah Parenting “Sobat”, Cara Bupati Ipuk Gandeng Orang Tua Asah Karakter Anak di Banyuwangi

by -411 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tak hanya mengandalkan pihak sekolah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga menggandeng orang tua untuk mengasah karakter anak-anak mereka. Caranya dengan meluncurkan program Sekolah Orang Tua Hebat (Sobat), semacam kelas parenting bagi para orang tua.

Saat digelar di SDN 1 Gendoh, Kecamatan Sempu, Senin (3/6/2024) lalu, Sobat disambut antusias para orang tua. Puluhan dari mereka hadir mengikuti kelas parenting yang difasilitasi tenaga terlatih.

iklan aston

“Alhamdulillah, Sobat sangat bermanfaat. Banyak yang dulu diajarkan ke kita saat kecil, ternyata tak sama dengan apa yang harus kita lakukan ke anak-anak kita sekarang,” ucap Moh. Shodiqin, salah satu peserta pada Bupati Ipuk yang meninjau.

Shodiqin mengaku seringkali terlalu menuntut prestasi anak tanpa melihat potensi yang dimiliki. Namun dari Sobat, dia belajar perlunya mengenali dulu bakat yang bisa dikembangkan pada buah hatinya.

Sementara Heni, ibu dari anak TK, mengaku suka kesal jika anaknya banyak bertanya. Padahal, Sobat mengajarkan bahwa rasa ingin tahu anak justru perlu dipupuk agar daya kritisnya terasah.

Tidak main-main, Banyuwangi bahkan menyiapkan 588 fasilitator Sobat berpengalaman, terdiri dari psikolog dan guru terlatih parenting. Mereka akan mengajar selama 4 bulan per angkatan dengan sertifikat sebagai bukti kelulusan.

Menurut Ipuk, pendidikan karakter anak memang harus sesuai dengan zamannya agar lebih efektif. Seperti nasihat Ali bin Abi Thalib, “Didiklah anak sesuai zamannya karena mereka hidup di zaman mereka, bukan zaman kita.”

“Karakternya sangat berbeda dengan saat kita jadi anak dulu. Tantangan era digital ini begitu besar dampaknya,” imbuh Ipuk.

Karenanya, Ipuk menekankan pentingnya orang tua membekali anak dengan karakter mulia dan dasar agama yang kuat. Itu agar generasi muda tidak mudah terbawa pengaruh buruk perkembangan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.