Dianggap Tak Netral Pose Dua Jari Anggota KPPS Diprotes Ketua Partai Demokrat

by -356 Views
Pose dua jari oleh anggota KPPS
iklan aston

Banyuwangi,seblang.com – Pelaksanaan pencoblosan Pilkada Serentak 2020 di Banyuwangi diwarnai pose dua jari oleh dua anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 3 di Dusun Tegalwero, Desa / Kecamatan Blimbingsari, Rabu (9/12/2020) pagi.

Disela – sela melaksanakan penyiapan tempat dan logistik TPS, dua anggota tersebut yakni Moh. Rofik dan Moh. Robin  tertangkap berfoto sambil berpose dengan menggunakan simbol khas dari pasangan cabup dan cawabup nomor urut 02. Foto ini kemudian beredar cepat di media sosial.

iklan aston

Mengetahui hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mendatangi kedua anggota KPPS tersebut yang sedang bertugas. Ia memprotes keras dan meminta proses pencoblosan di TPS tersebut dihentikan sementara.

“Coba hentikan dulu, ini tidak netral,” kata Michael sembari memanggil kedua anggota yang berpose dua jari tersebut dan menanyakan motif mereka.

Kedua anggota KPPS itupun menjawab, pose yang mereka lakukan adalah merupakan gaya bebas dan tidak bermaksud apa-apa.

“Soalnya saya tadi kan gaya bebas,” jawab salah satu anggota KPPS yang berpose dua jari tersebut.

Mendengar jawaban anggota KPPS itupun membuat Michael yang juga merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi ini naik pitam dan kecewa.

“Gaya bebas gimana, pidana ini lo. Hentikan dulu, saya panggil Polsek ya. Jangan ngawur gitu, ini demokrasi. Biarkan masyarakat bebas memilih. Kok malah petugasnya seperti ini,” sesal Michael.

Permasalahan itupun langsung ditangani dan dimusyawarahkan PPS, PPK dan PKD Kecamatan Blimbingsari. Hasilnya, kedua anggota KPPS tersebut  dikeluarkan dari lokasi TPS 3 dan tidak diperbolehkan terlibat lagi dalam kegiatan. Kemudian, kegiatan pemungutan suara di TPS 3 dilanjutkan kembali.

Hamim Ketua Bawaslu Banyuwangi mengatakan, pose dua jari tersebut bukan hanya di Blimbingsari, tetapi juga ada di Desa Gitik Kecamatan Rogojampi dan Desa Balak, Kecamatan Songgon

“Ini kita masih menuju ke Balak Songgon,” ucap Hamim.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.