Bangun Masyarakat Damai dan Cegah Radikalisme Desa Paspan Bangun Pagar Makam Umum

by -542 Views
Foto : Pembangunan pagar makam umum di Desa Paspan
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Forum Keserasian Sosial (FKS) Satahi Desa Paspan melaksanakan dialog tematik/sarasehan tahap 1 (satu) di dusun Krajan Desa Paspan Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi beberapa waktu  lalu.

Jumlah dana yang diterima oleh Forum Keserasian Sosial (FKS) Satahi dari Kementerian Sosial RI. Rp 150,000,000 diperuntukkan untuk pembangunan fisik berjumlah RP.100,000,000 yang digunakan untuk pembangunan pagar pemakaman umum Desa Paspan.

iklan aston

Menurut Rizal Pahlevi, Kepala Desa (Kades) Paspan, tujuan pembangunan pagar pemakaman umum tersebut, untuk sarana pemersatu dan keharmonisan warga dalam bermasyarakat serta mencegah konflik antar warga sesuai tema dialog tematik/sarasehan.

“Mari membangun kebersamaan, keharmonisan, sehat, aman, damai dan sejahtera serta mencegah radikalisme di tengah masyarakat khususnya di Desa Paspan sesuai dengan tema dialog tematik/sarasehan,” jelasnya.

Diharapkan pula setelah terbangunnya pembangunan pagar pemakaman umum Desa dapat difungsikan untuk mendukung program kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan sekaligus dapat mempererat tali silaturahim serta menjalin ukhuwah Islamiyah sesama warga Desa.

“Kegiatan dialog tematik/sarasehan tahap 1 (satu) yang dilaksanakan Forum Keserasian Sosial( FKS) Satahi bertujuan membangun kebersamaan, keharmonisan dalam masyarakat sehat, aman dan damai”, tegas Kades asli Paspan itu.

Moh. Anwar, Tokoh Masyarakat Desa Paspan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi atas pemberian bantuan program Forum Keserasian Sosial( FKS) Satahi di Desanya.

“Karena dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan dapat menyelesaikan pembangunan pagar pemakaman umum desa. Nantinya masyarakat desa merasa senang dan bangga karena memiliki pemakaman yang represtatif dan bisa mencegah masuknya sapi, kambing maupun hewan ternak piaran warga ke area pemakaman sehingga mengurangi potensi terjadinya konflik dan pertengkaran antar warga seperti yang terjadi sebelumnya,” ucapnya.

Selanjutnya H Anwar menambahkan bantuan dana yang diberikan untuk pembangunan pembangunan pagar pemakaman umum desa sebagai salah satu bentuk partisipasi  mendukung program Kemensos RI serta berharap kepada masyarakat agar kiranya kedepan setelah terbangunnya pagar pemakaman umum desa dapat bersama – sama menjaga, memelihara  dan merawat dengan baik program bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut antara lain; H. Astorik, Camat Glagah, perwakilan Dinas Sosial kabupaten Banyuwangi, Forpimka Glagah, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat serta perangkat Desa Paspan kecamatan Glagah Banyuwangi.

Wartawan :  Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.