Pemkab Situbondo Gelar Program Pelatihan Kerja, 172 Peserta Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

by -696 Views
Wartawan: Kadari
Editor: Herry W. Sulaksono
Pelatihan kerja yang diadakan Pemda yang didukung BPJS Ketenaga kerjaan Situbondo
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar program pelatihan kerja untuk 172 pemuda dan pemudi setempat.

Program ini sebagai upaya untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja sekaligus menekan angka pengangguran. Para peserta pelatihan ini juga mendapat dukungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

iklan aston

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo, Kholil, dalam keterangannya di Situbondo pada hari Senin, para peserta mendapatkan berbagai jenis pelatihan kerja. “Dari 172 orang peserta ini, mereka mendapatkan fasilitas pemda setempat dalam berbagai jenis pelatihan kerja seperti menjahit, mengemudi, juru masak, pembuatan kue, barista, pemasaran, akuntansi, sablon, dan lainnya,” katanya.

Pelaksanaan program pelatihan kerja ini dilakukan dalam Tahun Anggaran 2024 dengan tema “Kickoff Pelatihan Berbasis Kompetensi Menuju Situbondo Berjaya”. Sebelumnya, dilakukan seleksi peserta. “Pelatihan kerja ini juga sudah disesuaikan dengan permintaan berbagai perusahaan, terutama di kawasan Tapal Kuda, bagian timur Provinsi Jawa Timur,” tambah Kholil.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menjelaskan bahwa pelatihan kerja dirancang sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan dunia kerja saat ini. Dia menekankan pentingnya pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi dan produktivitas tenaga kerja. “Dengan kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat mengasah dan memperkaya pengetahuan serta keterampilan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Bung Karna juga mendorong para peserta pelatihan untuk dapat membuka usaha secara mandiri atau menjadi wirausahawan. “Kami juga berharap peserta pelatihan bisa menjadi wirausahawan dan tidak hanya fokus mencari kerja di perusahaan. Bangun pola pikir bagaimana memiliki usaha sendiri, manfaatkan pelatihan kerja ini sebaik mungkin,” kata Bung Karna.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Situbondo, Herry Yudisthira, menyampaikan bahwa 172 peserta pelatihan kerja tersebut juga sudah didaftarkan sebagai peserta jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan. “Jadi 172 peserta ini sudah didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan selama mengikuti pelatihan kerja program Pemkab Situbondo tersebut,” ungkapnya.

Di tempat yang berbeda, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banyuwangi, Eneng Siti Hasanah, mengingatkan bahwa pelatihan kerja juga memiliki risiko. “Risiko bisa terjadi di mana saja, dan kami hadir untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja sehingga mereka dapat bekerja tanpa rasa cemas,” ujarnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.