Cegah Polio, Polresta Banyuwangi Gelar Percepatan Capaian Sub-PIN Polio Putaran I

by -930 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Polresta Banyuwangi dan Bhayangkari Cabang Banyuwangi menyelenggarakan Percepatan Capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio Putaran I.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Banyuwangi Ny. Nani Nanang Haryono dan jajaran PJU beserta perwakilan Forkopimda, turut memberikan langsung imunisasi tetes polio kepada ratusan anak-anak di Aula Klenteng Hoo Tong Bio pada Sabtu (20/1/2024) pagi.

iklan aston

“Hari ini, dilaksanakan secara serentak percepatan PIN Polio di 24 titik dengan target 1.806 anak usia 0 hingga 7 tahun. Imunisasi ini menjadi langkah preventif untuk mencegah kasus polio di Banyuwangi,” kata Kombes Pol Nanang.

Dalam pelaksanaannya, Sie Dokkes Polresta Banyuwangi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Banyuwangi mengerahkan ratusan tenaga kesehatan yang tersebar di 24 titik untuk memberikan imunisasi tetes polio kepada anak-anak di Bumi Blambangan.

“Harapannya, capaian target 100% segera terpenuhi, mengingat di Banyuwangi baru mencapai 92% dari target vaksinasi polio sebanyak 174.237 anak usia 0-7 tahun,” tambah Kombes Pol Nanang.

Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, SKM, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Kapolresta Banyuwangi karena turut membantu percepatan Sub PIN Polio Putaran I.

“Hari ini merupakan hari terakhir untuk putaran I. Kita targetkan mencapai 100%,” ujar Amir.

Meskipun Indonesia telah dinyatakan bebas polio oleh WHO pada Maret 2014, kasus polio muncul kembali pada Desember 2023 di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Pamekasan serta Sampang Provinsi Jawa Timur.

Sebagai langkah antisipasi terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio, Banyuwangi menggelar serentak PIN Polio. “Hingga saat ini, di Banyuwangi belum ada kasus Polio yang terdeteksi,” ungkap Amir.

Dari pantauan seblang.com, ratusan anak yang mengikuti kegiatan imunisasi Polio terlihat senang dan antusias. Selain mendapatkan imunisasi, mereka juga menerima bingkisan snack dan balon yang dibagikan oleh anggota jajaran Polresta Banyuwangi serta ibu-ibu Bhayangkari Cabang Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.