Awalnya Coba-coba, Pengusaha Muda di Banyuwangi Ini Sukses Bangun Bisnis Ternak Sapi Beromzet Miliaran Rupiah

by -457 Views
Wartawan: Teguh/humas
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Peternakan sapi “Enzo Farm” di Banyuwangi, yang didirikan oleh Adam Sugandha, seorang pemuda berusia 28 tahun, berhasil mencatatkan omzet miliaran rupiah dalam waktu hanya tiga tahun sejak berdiri.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun pernah membeli sapi dari peternakan yang terletak di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari ini.

iklan aston

Adam Sugandha mengungkapkan jika usaha peternakannya berawal dari coba-coba lantaran istrinya ngidam ingin beli sapi pada tahun 2020. “Waktu itu istri lagi ngidam ingin beli sapi. Makanya saya beli 5 ekor. Itupun tidak saya rawat sendiri, melainkan dititipkan ke orang lain sembari ingin belajar beternak sapi,” kata Adam menceritakan kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat jalankan Program ‘Bunga Desa’ di Desa Dasri, Tegalsari, Rabu (17/1/2024).

Setelah mengetahui seluk beluk beternak sapi, enam bulan kemudian Adam memutuskan untuk merawat sendiri sapi miliknya. Kini, peternakannya telah berkembang pesat, memiliki 50 ekor sapi dengan mayoritas merupakan sapi jenis unggul, seperti Limosin dan Simental, yang memiliki berat mencapai 1.200 kg.

Peternakan ini bukan hanya berkembang dalam hal jumlah sapi, tetapi juga meraih kesuksesan dalam berbagai kompetisi sapi.

Adam Sugandha mengungkapkan bahwa keikutsertaannya dalam kontes sapi di berbagai daerah telah membuka peluang pasar yang lebih luas. “Saya mulai tertarik mengikuti kontes sapi di berbagai daerah. Alhamdulillah sering juara. Dari sanalah, relasi dan jaringan saya bertambah sehingga pasar saya juga semakin luas,” ujarnya.

Adam menerapkan sistem penggemukan pada peternakannya. Ia membeli sapi dengan bobot 400-500 kg, kemudian merawat dan menggemukkannya selama 1-4 bulan sebelum dijual. Dalam setahun, Adam mampu menjual sekitar 300 ekor sapi dengan omzet mencapai Rp. 5 miliar.

“Momen Idul Adha itu paling ramai. Seperti tahun lalu, Pak Presiden dan Wapres juga beli sapi dari kami. Milik Pak Jokowi 1,2 ton jenis Simental, sedangkan milik Pak Ma’ruf Amin 1,1 ton jenis Limosin,” tambahnya.

Meskipun pernah mengalami kerugian dengan kematian 5 ekor sapi, Adam tidak patah semangat dan terus menjalankan usahanya dengan penuh dedikasi.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengapresiasi kesuksesan Adam sebagai inspirasi bagi anak muda lainnya.

“Mas Adam adalah buktinya. Dengan beternak sapi dia bisa sukses hingga beromset miliaran rupiah,” ujar Bupati Ipuk yang juga berpesan agar anak muda jangan malu terjun ke bisnis pertanian dan peternakan karena potensinya terbuka luas.

Banyuwangi sendiri, kata Ipuk, telah menggencarkan program Jagoan Banyuwangi, termasuk Jagoan Tani dan Jagoan Bisnis, untuk mendorong anak muda daerah terjun ke bisnis pertanian. Program ini tidak hanya memberikan pelatihan bisnis tetapi juga menyediakan stimulus modal usaha sebagai dukungan bagi para pesertanya.

“Kami terus mendorong agar anak muda Banyuwangi punya skill bisnis. Kami juga siapkan stimulus modalnya, sehingga mereka tidak hanya menunggu lowongan kerja, melainkan bisa menciptakan lapangan kerjanya sendiri,” jelas Ipuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.