BUMDes Sumber Mulya Sumberbendo Kabupaten Madiun Berperan Dalam Meningkatnya Perekonomian Desa

by -547 Views
Toko BUMDes Sumber Mulya Desa Sumberbendo Foto : puguh/seblang.com
iklan aston

Madiun, seblang.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki potensi yang besar untuk memajukan dan menggerakkan perekonomian di perdesaan. Sebab, dengan optimalisasi BUMDes, masyarakat dapat berperan aktif dalam mengelola sumber daya yang ada menjadi suatu yang bermanfaat.

Seperti halnya di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan,Kabupaten Madiun yang mengoptimalkan sumber daya serta aset desa melalui BUMDes Sumber Mulya.

iklan aston

BUMDes Sumber Mulyo sendiri berdiri pada tahun 2017 silam dengan memiliki 7 unit usaha yakni, sewa peralatan konstruksi (molen), bahan bangunan, pembayaran token PLN, pembayaran pajak kendaraan, pengelolaan Wisata Pancur 7 serta toko pertanian.

Kepala Desa Sumberbendo Suprapto dalam wawancara menjelaskan, peran BUMDes yang ada di desanya tentunya mampu membawa kemudahan bagi masyarakat, salah satunya yakni mudahnya membayar pajak kendaraan tanpa harus jauh-jauh ke kota.

“BUMDes selain meningkatkan pendapatan desa tentunya juga mampu membawa kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas seperti pembelian material bangunan, sewa alat bangunan dan yang lainnya,” ungkapnya, Jumat, 05/01/2024.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya secara keseluruhan dalam pengelolaan desa melibatkan seluruh masyarakat Desa. Sebagai modal, pihak desa setiap tahun memberikan anggaran sebesar Rp 40 juta sebagai modal pengembangan agar BUMDes yang saat ini berjalan terus mampu untuk berkembang.

“BUMDes yang sudah berjalan ini secara keseluruhan dijalankan oleh warga Sumberbendo dan PKK, setiap tahunya kami anggarkan Rp 40 Juta yang diambil dari APBDes, dan tahun kemarin BUMDes juga mendapat tambahan anggaran dari BK Provinsi sebesar Rp 100 juta untuk pengembangan usaha,” tutupnya.//////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.