Satpolairud Polresta Banyuwangi Terus Lakukan Patroli Perairan Selat Bali Jelang Nataru

by -420 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Guna mengatisipasi gangguan kamtibmas di perairan Selat Bali dan sekitarnya, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polresta Banyuwangi  menggelar patroli di Selat Bali dalam rangka Operasi Lilin Semeru dan pengamanan Natal Dan Tahun Baru (Nataru)2023.

Dengan menggunakan Kapal Speed Unit Gakum Polairud Polresta Banyuwangi, setiap hari Ppolairud terus berpatroli memantau alur pelayaran Selat Bali maupun pengawasan terhadap pelabuhan kapal ferry Ketapang-Gilimanuk

iklan aston

Kasat Polairud Resta Banyuwangi Kompol Mashyur Ade S.I.k  MH melalui Kasubnit Binmas Air Aiptu I Gede Eka mengatakan mereka juga akan melaporkan secara intens terkait cuaca dan kondisi perairan Selat Bali.

“Laporan tersebut kemudian diteruskan kepada masyarakat sehingga warga yang berpergian dapat mendapatkan informasi untuk mendukung kelancaran dan keamanan selama perjalanan melalui perairan  Selat Bali,” ucapnya Kamis(28/12/23).

Selain itu pihak Satpolairud Banyuwangi dalam mengantisipsi libur Nataru menyiagakan Kapal polisi X1033, X1055, X1054, Perahu karet Speed Gakum dibantu kapal dari  Baharkam Polri KP Kasturi 6002 yang selalu setip hari bergiliran melaksanakan patroli perairan Selat Bali.

“Jalur pelayaran Ketapang-Gilimanuk adalah pelayaran yang membutuhkan pengawasan dan pengamanan yang super ketat karena penyeberangan Ketapang – Gilimanuk jelang liburan Nataru menjadi penyeberangan terpadat di kawasan Jawa Timur, selain itu pihak Polairud juga selalu siaga   mengantisipasi kapal-kapal trouble yang dapat mengganggu alur perjalanan kapal,” tambah kasubnit Binmas

Selain itu anggota Polairud Banyuwangi juga melakukan pengawasan ke nelayan yang sering memancing di alur pelayaran  yang berpotensi mengganggu operasi kapal sandar maupun keluar.

Kasubnit Binmas tidak lelah selalu mengimbau kapal-kapal di perairan Selat Bali agar selalu waspada  menjelang tahun baru. Juga diiimbau tidak menyalakan kembang api karena posisi perairan Selat Bali dekat sekali dengan Depo Pertamina Tanjung Wangi dan kapal-kapal tangker yang sedang lego jangkar di perairan Selat Bali.

Berdasarkan data dari Posko Nataru 2024 PT ASDP Ketapang Banyuwangi  per tanggal 23 Desember 2023, jumlah kendaraan roda empat campuran yang menyeberang ke Pulau Bali mencapai 9.195 unit, Sedangkan penumpang pejalan kaki  mencapai 1189 orang.

Sedangkan untuk kapal yang dioperasikan mencapai 38 unit kapal, dari total 49 unit kapal yang disiagakan pada angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini. Lonjakan penumpang diprediksikan masih akan terjadi mendekati perayaan Tahun Baru 2024 mendatang.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.