Delapan Narapidana Lapas Banyuwangi Mendapat Remisi di Hari Natal

by -420 Views
Wartawan: Hari Purnomo
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam suasana perayaan Natal, delapan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi yang beragama Kristen mendapatkan pengurangan masa tahanan atau remisi. Keputusan remisi diterima melalui Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, diserahkan oleh Kepala Lapas Banyuwangi  Agus Wahono dalam ibadah Natal di Aula Sahardjo.

Agus Wahono menjelaskan bahwa remisi hari raya merupakan bentuk remisi khusus yang hanya diberikan pada narapidana beragama Kristen. Besaran remisi, tergantung pada masa pidana yang telah dijalani, berkisar antara 15 hari hingga satu bulan 15 hari.

iklan aston

“Remisi adalah bentuk penghargaan dan hak yang diberikan oleh negara, bukanlah suatu pengurangan hukuman sembarangan. Ini merupakan salah satu sarana hukum penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan,” ungkap Agus Wahono.

Selain itu, Agus Wahono menyebut bahwa narapidana yang dapat diusulkan untuk mendapatkan remisi harus memenuhi syarat administratif dan substantif, termasuk berstatus sebagai narapidana dengan putusan hukum tetap, menjalani pidana minimal enam bulan, aktif mengikuti kegiatan pembinaan, dan menunjukkan penurunan tingkat risiko berdasarkan assessment.

“Dengan pemberian remisi, diharapkan dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari, serta terus meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana,” tambahnya.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.