Pantauan Kemenhub: Terminal hingga Bandara Banyuwangi Siap Sambut Libur Nataru

by -250 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) intensif memantau kesiapan pusat pemberhentian transportasi publik di Kabupaten Banyuwangi. Hasil pemantauan pada 21 Desember 2023 lalu menunjukkan bahwa Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, Bandara Banyuwangi, dan Pelabuhan Ketapang siap menyambut penumpang.

Inspektur 4 Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, Sahattua P. Simatupang, menyatakan bahwa seluruh lokasi yang menjadi fokus pantauan telah dikunjungi. “Dari hasil pantauan kami, semuanya sudah siap menyambut penumpang,” ujarnya.

iklan aston

Penilaian tersebut tidak hanya berdasarkan kesiapan fisik tempat, melainkan juga pada kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Sahattua, SDM di Banyuwangi memiliki wawasan yang baik terkait jumlah penumpang yang akan datang dan potensi kemacetan yang mungkin terjadi.

“Selama saya melakukan pemantauan di seluruh Indonesia, SDM di Banyuwangi punya wawasan yang baik. Mereka sudah terbiasa menghadapi wisatawan yang datang selama ini,” tambahnya.

Terkait infrastruktur moda transportasi, Sahattua menilai semuanya sudah memadai, dan dia berharap agar semua perjalanan moda transportasi berlangsung lancar dan selamat.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, juga menyampaikan langkah-langkah persiapan Pemkab Banyuwangi menjelang libur nataru. Bersama Polresta Banyuwangi, mereka melakukan operasi penertiban Kawasan Tertib Lalu Lintas. Dinas Perhubungan dipastikan memeriksa kelaikan kendaraan di terminal bus, sementara koordinasi dengan KAI dilakukan untuk memastikan keamanan perlintasan kereta api.

“Kami juga memastikan keamanan dan kenyamanan bagi semua penumpang di bandara dan pelabuhan bersama-sama dengan pihak terkait,” tegas Ipuk.

Dengan langkah-langkah ini, Pemkab Banyuwangi berkomitmen menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang moda transportasi selama libur nataru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.