Kompolnas Apresiasi Inovasi Keamanan Digital dari Polrestabes Semarang dan Polresta Surakarta

by -772 Views
iklan aston

Semarang, seblang.com  – Komisi Kepolisian Nasional (*Kompolnas*) memberikan apresiasi atas penerapan sistem keamanan digital oleh Polrestabes Semarang Polda Jawa Tengah. Pengakuan ini disampaikan selama kunjungan kerja Kompolnas ke Polda Jawa Tengah pada 13-14 November 2023.

Delegasi dipimpin oleh Ketua Tim Kerja Kompolnas, Irjen. Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, dan didampingi anggota Kompolnas H. Mohammad Dawam. Mereka diterima oleh Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen. Pol. Abiyoso Seno Aji, S.I.K., dan jajaran pimpinan, termasuk Kapolrestabes Semarang, Kombes. Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H., M.Hum.

iklan aston

Pada pertemuan tersebut, Kapolrestabes Semarang memaparkan penggunaan sistem digitalisasi untuk meminimalisir kejahatan di Kota Semarang. Ketua Tim Kerja Kompolnas melihat inovasi yang dilakukan oleh Polrestabes Semarang sebagai contoh baik untuk penegakan hukum berbasis ilmiah di Polri.

“Ini sangat positif, dan model penegakan hukum berbasis IT di bawah Program LIBAS (Polisi Hebat Semarang) perlu dikembangkan dengan kerjasama antara masyarakat, Pemerintah Kota, dan Polri dalam pemasangan CCTV di seluruh wilayah hukum Polrestabes Semarang,” jelas Ketua Kompolnas pada Selasa (14/11/23).

Tidak hanya Polrestabes Semarang, Kompolnas juga melakukan kunjungan ke Polresta Surakarta yang diterima oleh Kapolresta, Kombes Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si dan jajaran pimpinan. Selama kunjungan itu, Kompolnas mendapat informasi tentang persiapan pengamanan Pemilu 2024.

Anggota Kompolnas Mohammad Dawam menambahkan bahwa seluruh anggota Polri harus terus meningkatkan kualitas profesionalitas dan netralitas, sesuai perintah Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Di sisi lain, ia mengapresiasi inovasi positif jajaran Polres di Jawa Tengah dalam memastikan Kamtibmas dan Penegakan Hukum melalui Aplikasi Digital. Ia menekankan bahwa inovasi menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh Polri.

“Ini hal baik, inovasi dengan membangun Rumah Deradikalisasi Napiter di Kota Surakarta dan Karanganyar, serta Rumah Edukasi Bahaya Narkoba dengan kerja sama bersama BNPT, Pemerintah Daerah, dan semua pihak terkait,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.