Semua Fraksi Yang Ada di DPRD Banyuwangi Harapkan Eksekutif Optimalkan PAD

by -507 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Juru bicara Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Banyuwangi, Hj. Siti Mafrochatin Ni’mah saat menyampai Pandangan Umum Fraksi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Semua fraksi yang ada di DPRD Banyuwangi berharap agar eksekutif mampu mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) pada saat Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024 mengalami penurunan yang cukup siginifikan.

Harapan tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi dengan agenda Pandangan Umum terhadap Nota Pengantar Bupati Atas Diajukanya Raperda APBD tahun anggaran (TA) 2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi pada Jumat (10/11/2023).

iklan aston

Seperti yang disampaikan oleh Juru bicara Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Banyuwangi, Hj. Siti Mafrochatin Ni’mah, pihaknya berharap PAD Banyuwangi bisa dioptimalkan dengan menggali potensi sumber-sumber pendapatan yang ada.

“Dalam memasuki tahun politik yang mulai menghangat kami berharap semua pihak mampu bersikap dewasa, bijak dan menjaga situasi Banyuwangi yang aman damai dan kondusif,” jelas Hj Ni’mah.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ruliyono, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi dan diikuti oleh anggota dewan lintas fraksi diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa dan mendoakan para pahlawan pejuang bangsa Indonesia.

Hadir dalam dalam rapat paripurna tersebut antara lain; Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah serta beberapa undangan lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024, di ruang Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi pada Kamis (9/11/2023)

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara dan diikuti anggota dewan dari lintas fraksi yang ada di lembaga dewan.

Sedangkan dari eksekutif yang hadir antara lain; Wakil Bupati Banyuwangi, H.Sugirah, Sekretaris Daerah, H. Mujiono yang didampingi Asisten, Tim Ahli, Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah serta undangan lain.

Bupati Banyuwangi dalam Nota keuangan APBD tahun 2024 yang dibacakan oleh Wakil bupati, H. Sugirah antara lain mengungkapkan penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2024 dilakukan dengan mempertimbangkan secara cermat; arah perkembangan dari sisi pendapatan daerah, baik dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan serta lain-lain pendapatan daerah yang sah, sekaligus memperhatikan kondisi makro ekonomi dan upaya pencapaian sasaran-sasaran Pembangunan Daerah di tahun 2024.

“Tema pembangunan tahun 2024 yakni ” Menguatkan Ketahanan Ekonomi dengan Menjaga Stabilitas Sosial dan Infrastruktur Terintegrasi melalui kolaborasi inovasi dan transformasi,” jelas H Sugirah.

Dia menuturkan proyeksi indikator makro Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi telah dikalkulasi dengan cermat sehingga Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi diproyeksikan pada kisaran 4,81 persen. Persentase penduduk miskin pada kisaran 7,32 persen dan tingkat pengangguran terbuka berkisar 4,68 persen. Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada kisaran 71,75 persen. Sedangkan rasio Gini diproyeksikan 0,31.

“Kinerja positif tersebut, merupakan dampak multiplier effect dukungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, melalui program dan kegiatan yang berfokus pada manfaat nyata dan langsung kepada masyarakat dengan output dan outcome yang semakin berkualitas, ” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.