Kebakaran Hutan di KPH Banyuwangi Selatan Dipadamkan Cepat oleh Polisi dan Perhutani

by -850 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kembali terjadi kebakaran hutan yang menghanguskan Hutan Produksi Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kejadian ini dilaporkan warga kepada Polsek Purwoharjo pada Rabu (18/10/2023).

Tanpa menunggu lama, petugas kepolisian segera bertindak dan menuju lokasi kebakaran di bawah arahan Kapolsek Purwoharjo AKP Budi Hermawan. Mereka berupaya memadamkan api dengan alat seadanya dan membuat sekat guna mengendalikan api agar tidak merambat ke lahan yang lebih luas.

iklan aston

Kobaran api cepat menyebar karena hutan tersebut penuh dengan kayu, ranting kering, dan rumput kering. Kondisi ini mempercepat perambatan api yang menghanguskan lahan hutan produksi. “Kami melakukan pemadaman bersama petugas Perhutani Banyuwangi Selatan,” ujar AKP Budi.

Penyebab pasti kebakaran hutan belum diketahui, namun diperkirakan api berasal dari aktivitas pembakaran sisa sampah. Cuaca panas dan angin kencang turut mempengaruhi percepatan penyebaran api. “Api menghanguskan lahan seluas satu setengah hektar,” tambah AKP Budi.

Dalam kerja sama antara anggota Polsek Purwoharjo dan petugas Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang lebih setengah jam. Kapolsek menegaskan bahwa kebakaran hutan sulit dikendalikan karena kondisi lahan yang kering dan dipenuhi dengan kayu, ranting kering, serta rumput.

Pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran sampah di sekitar lahan hutan produksi, mengingat dampak kebakaran yang sulit untuk dikendalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.