Walikota Blitar Resmikan Dua Kelurahan Sebagai Kampung Pancasila

by -1032 Views
iklan aston

Kota Blitar, seblang.com – Transformasi suatu kelurahan menjadi Kampung Pancasila memerlukan penilaian mendalam terhadap sejauh mana masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pemikiran dan penerapan yang didasari oleh Pancasila menjadi kunci dalam proses ini.

“Sudahkah masyarakat mampu mengimplementasikan, melaksanakan, dan mengamalkan sila-sila pancasila, ketika itu sudah mampu dilaksanakan dengan baik, maka sudah selayaknya kelurahan yang bersangkutan kita tetapkan sebagai Kampung Pancasila. Dengan harapan setiap gerak langkah masyarakat dalam kehidupan sehari dijiwai oleh Pancasila,” ungkap Walikota Blitar, Santoso saat melaunching Kelurahan Gedog dan Kelurahan Bendogerit Kota Blitar sebagai Kampung Pancasila yang digelar di Pendopo Kantor Kel. Gedog, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, pada Sabtu (23/09/2023) malam.

iklan aston

Santoso juga mencatat bahwa bukan hanya Kelurahan Gedog dan Bendogerit yang menjadi Kampung Pancasila, karena sebelumnya Kelurahan Sentul dan Kelurahan Rembang telah meluncurkan inisiatif serupa. “Harapan kita adalah agar tidak hanya beberapa yang sudah kita luncurkan. Jika memungkinkan, semua kelurahan di Kota Blitar benar-benar menjadi Kampung Pancasila,” ungkap Santoso.

Selain peluncuran Kampung Pancasila, rangkaian kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Blitar, Bakesbangpol PBD Kota Blitar, dan Kelurahan Gedog. Terdapat pula acara “Boyong Projo” Kelurahan Gedog, yang mencakup pemindahan kantor kelurahan.

“Boyong Projo” Kelurahan Gedog ditandai dengan Kirab Kentongan, yang menjadi simbol suatu desa/kelurahan. Kentongan tersebut dikirab dari kantor kelurahan lama ke kantor kelurahan yang baru, dan Walikota Blitar juga melakukan pemukulan kentongan sebagai tanda resmi pelaksanaan “Boyong Projo.”

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Kota Blitar, DPRD Kota Blitar Dapil Sananwetan, Kepala Bakesbangpol Kota Blitar, forkopimka Sananwetan, Polsek Sananwetan, Lurah se-Kota Blitar, serta tamu undangan. Masyarakat dari Kelurahan Gedog dan sekitarnya turut berbondong-bondong untuk menyaksikan peresmian Kampung Pancasila.

Pada saat yang sama, dilakukan pasar UMKM oleh Kecamatan Sananwetan yang diikuti oleh 15 RW se-Kecamatan Sananwetan di Lapangan Kelurahan Gedog. Voucher gratis juga dibagikan untuk ditukarkan dengan makanan, minuman, atau produk tertentu di stan UMKM yang sedang berlangsung.

Di sela-sela kegiatan, ada juga penyerahan piala dan piagam penghargaan untuk lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh Walikota Blitar. Lomba ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Sananwetan, dan sekolah yang mendapatkan penghargaan telah diverifikasi dan memenuhi syarat tertentu tentang pendidikan kesehatan. Mereka akan diusulkan sebagai duta dalam perlombaan tingkat Kota Blitar. (adv/kmf/dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.