Upacara Hari Pramuka Tahun 2023 di Darun Najah Dihadiri Camat Banyuwangi

by -503 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com –  “Salam Pramuka!” Pekik khas dalam kegiatan Praja Muda Karana (Pramuka) yang diiringi dengan tepuk Pramuka sebanyak dua kali, mewarnai dan menjadi pembakar semangat para peserta upacara Peringatan Hari Pramuka ke 62 di halaman Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darun Najah Banyuwangi pada Senin (14/08/2023).

Pelaksanaan kegiatan upacara peringatan Hari Pramuka merupakan program bersama Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darun Najah I, MI Darun Najah II, dan MTs Darun Najah di halaman MTs Darun Najah.

iklan aston

Upacara peringatan Hari Pramuka di lembaga pendidikan Darun Najah tahun ini sedikit berbeda dengan kehadiran Camat Banyuwangi H. Hartono yang bertndak sebagai Pembina Upacara.

Sebagai pembina upacara H. Hartono selain membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Banyuwangi, juga menyampaikan pesan kepada para siswa untuk mennjadi anak yang shalih-shalihah, taat kepada Allah SWT dan Rosul serta patuh terhadap orang tua. “Pramuka harus berbakti kepada kedua orang tua,” ujar H. Hartono.

Pejabata asal Rogojampi itu juga berpesan kepada para Kakak Pembina yang merupakan tenaga pendidik yang bertugas dan berkewajiban mentransfer ilnu pengetahuan (knowlwdge).

Selain itu para pembina juga harus mampu mengemban amanah untuk memberikan pendidikan terbaik kepada siswa-siswi MI dan MTs Darun Najah Banyuwangi sebagai generasi emas dimasa yang akan datang.

Adapun tema Hari Pramuka tahun 2023 adalah, “Mari wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dan Proporsional Demi Kemajuan Bangsa Indonesia”. Tema tersebut tentunya sejalan dan sesuai dengan tujuan kegiatan Pramuka, salah satunya adalah agar siswa bisa mandiri.

Selain menggelar upacara, para siswa MI dan MTs Darun Najah bersama para pelajar lain, pada malam harinya sebagian mengikuti kegiatan Pawai Lampion yang startnya dari depan Pemkab Banyuwangi hingga tempat finish di Kawasan Taman Blambangan Banyuwangi.

Sementara Kepala MI Darun Najah II, Majidatul Himmah menyampaikan kehadiran Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) atau Camat Banyuwangi sebagai Kakak Pembina Upacara di Madrasah Darun Najah merupakan sebuah kehormatan bagi keluarga besar salah satu lembaga pendidikan yang cukup tua di Banyuwangi.

“Kehadiran Camat Banyuwangi sebagai salah satu bukti bahwa Gerakan Pramuka pada Madrasah mempunyai arti sangat penting bagi kelanjutan pendidikan kepramukaan,” kata Majid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.