Inovasi Sektor Pendidikan Mendapat Apresiasi Dari Ketua DPRD Banyuwangi

by -752 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Dinas Pendidikan Banyuwangi untuk mengatasi angka putus sekolah salah satunya melalui pengoptimalam peran dan fungsi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten, I Made Cahyana Negara.

Menurut Made, PKBM bukan hanya menjadi tempat pendidikan non formal, namun juga sebagai tempat menempa keterampilan dengan berbagai pelatihan dan pendampingan keterampilan yang dilakukan oleh para tutor di PKBM.

iklan aston

“Kami akan terus mensupport pendidikan non formal di Banyuwangi. Hadirnya pusat kegiatan belajar masyarakat ini sangat penting untuk peningkatan IPM,” ujar Politisi asal Ketapang Banyuwangi itu.

Dia menuturkan PKBM merupakan lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Non Formal. Lembaga ini harapkan dapat menjadi wadah bagi kegiatan masyarakat untuk lebih meningkatkan potensi diri dan keterampilan.

“PKBM sebagai satuan pendidikan non formal, sangat penting untuk turut berperan serta aktif untuk meningkatkan kualitas SDM yang berkelanjutan,” tambah Made.

Sementara di lokasi yang terpisah Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi melalui Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dispendik Banyuwangi, Dra. Nuriyatus Sholeha menjelaskan PKBM bukan hanya sebagai tempat pendidikan non formal. Para warga belajar juga mendapatkan pelatihan dan pembekalan ketrampilan usaha.

Dengan model pembelajaran PKBM yang tidak terikat waktu, diharapkan masyarakat yang sekolahnya belum usai atau tamat bisa melanjutkan pendidikan dengan mengikuti program belajar di PKBM.

“Dengan sistem Merdeka belajar yang telah diterapkan sejak dulu, para warga belajar lebih memiliki banyak ruang dan waktu untuk melanjutkan pendidikan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.