Siapa Bermain Isu Elpiji  3 Kg setelah Kepala Daerah dan Wakil Rakyat Berulangkali Nyatakan Stok Cukup dan  Aman

by -681 Views
iklan aston

Probolinggo, seblang.com – Dalam beberapa waktu terakhir, pemberitaan di media main stream maupun dalam media  sosial (Medsos) masih saja menarasikan berita kelangkaan  LPG 3kg di pasaran, meskipun beberapa kepala daerah seperti Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Walikota sampai Kapolres dan para wakil rakyat serta stakeholder terkait juga turut menyampaikan di media bahwa kondisi stok LPG seperti sebelumnya sehingga aman dan distribusinya lancar.

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, saat melakukan kunjungan  kerja di Daerah Pemilihan (Dapil) nya di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu, (29/7), sempat melakukan pengecekan terhadap  pangkalan LPG dan menemukan ketersediaan pasokan di daerah tersebut aman.

iklan aston

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo sebelumnya juga melakukan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke pangkalan gas elpiji pada Jumat (28/7/2023). Sidak bersama pihak Pertamina untuk meninjau stok elpiji dan memastikan kuotanya sesuia dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya minta Pemkab gerak cepat karena saya lihat pangkalan stok masih aman, lalu dimana ini yang bilang langka-langka, tidak ada,” ujar Faisol dalam rilis yang dikirim Selasa (01/08/2023)

Faisol Riza mengingatkan jangan ada lagi pihak yang bermain-main dan membuat narasi yang menyampaikan bahwa LPG langka, karena di pangkalan buktinya pasokan aman dan cukup.

“Yang terpenting adalah distribusinya, jangan sampai LPG gas melon itu juga salah sasaran, malah dikonsumsi oleh restoran-restoran besar, tidak tepat itu,” jelas politisi PKB tersebut.

Faisol juga mengapresiasi langkah pemda Probolinggo dan pihak Pertamina yang sudah melakukan sidak kemarin, untuk memastikan bahwa pasokan aman dan cukup. “Memang harus seperti itu, pemda dan Pertamina gerak cepat untuk mengecek stok di lapangan dan alhamdulillah stok aman,” tambah Faisol.

Sementara Wakil Ketua Komisi VII DPR, Bambang Haryadi, mengungkapkan bahwa kuota LPG 3 Kg Tahun 2023 di seluruh wilayah perlu dan harus direview kembali oleh Kementerian ESDM  RI.

“Pertumbuhan ekonomi di level UMKM Skala Mikro sedang meningkat, ini harus dijawab dengan pemenuhan alokasi kebutuhan dan harga jual yang juga terjangkau oleh masyarakat kecil,” ujarnya.

Melihat kondisi penyaluran LPG di wilayah Jatim saat ini sudah mulai kondusif. Apalagi jika penambahan kuota alokasi kebutuhan rakyat  juga disertai dengan penambahan channel distribusi mulai dari agen dan pangkalan.

“Karena dengan semakin bertambah jumlah dan sebaran jalur distribusi tersebut disitu masyarakat semakin terlayani. Pemerintah bersama Pertamina juga semakin mudah melakukan pengawasan. Sekaligus Saya menghimbau masyarakat Jawa Timur untuk membeli LPG di Pangkalan resmi Pertamina terdekat,”pungkas Bambang Haryadi.

Sebelumnya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan tinjauan ke Pangkalan LPG di Surabaya pada Kamis (27/7) dan di kota Batu padaSabtu (29/7) setelah mendapatkan laporan kelangkaan LPG 3 Kg di pasaran.

Gubernur Jatim turun ke lapangan untuk melihat langsung stok LPG dan  memastikan kondisi aman dan lancar. Selain itu dia juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada Bupati/Walikota se- Jatim soal pengawasan, sosialisasi pembelian di pangkalan dan konsumen 3kg yang berhak. “LPG 3kg berhak dikonsumsi oleh masyarakat miskin sesuai tulisannya. Yang mampu silakan beli yang Non Subsidi,” ujar Khofifah

Sementara Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestandani tercatat sebagai kepala daerah di Jatim pertama yang melakukan sidak ke Pangkalan LPG selama terjadi kelangkaan LPG pada Rabu (26/7)  dan juga sudah memastikan pasokan aman. Bahkan DPRD Banyuwangi khususnya yang di Komisi II selain menggelar  rapat koordinasi dengan eksekutif, Pertamina dan stakeholder terkait juga melakukan sidak ke SPBE pada Sabtu (22/7) dan hasilnya persediaanya cukup dan aman.

Demikian lupa Area Manager Comm, Relation & CSR Pertamina, Ahad Rahedi menyatakan kondisi stok LPG di Jatim lebih dari 71.000 Metrik Ton dengan Konsumsi Harian sekitar 4.500 Metrik Ton. “Kami menghimbau masyarakat agar membeli LPG 3 kg langsung di Pangkalan dan  menanyakan lokasi Pangkalan terdekat ke Call Center 135,” ujar Ahad./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.