Saran Ketua Fraksi PPP DPRD Banyuwangi  Atasi Kemacetan Parah di Kawasan Pelabuhan Ketapang

by -575 Views
Haji Basir Qodim Ketua Fraksi PPP DPRD Banyuwangi 
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com  – Kemacetan parah yang terjadi di kawasan pelabuhan Ketapang Banyuwangi sampai saat ini tidak hanya merugikan bagi warga masyarakat yang ingin liburan atau ada keperluan di Pulau Bali, tetapi juga menyebabkan kerugian yang tidak sedikit pada masyarakat Banyuwangi sendiri.

Menurut Ketua Fraksi PPP DPRD Banyuwangi Haji Basir Qodim, dalam upaya mencegah dan menanggulangi terjadinya kemacetan parah di wilayah pelabuhan Ketapang pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi disarankan menyiapkan fasilitas jalan yang menjadi jalur alternatif dari wilayah kecamatan Wongsorejo ke Banyuwangi kota atau sampai ke kecamatan Rogojampi untuk membantu mengurai kemacetan lalu lintas yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

iklan aston

“Peristiwa kemacetan parah yang berulang setiap tahun menjadi salahsatu indikator pemerintah kurang tanggap dalam mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di wilayah Ketapang Banyuwangi dan Gilimanuk Bali dalam setiap liburan sekolah dan berbarengan dengan libur cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelas H. Basir kepada wartawan media ini pada Jumat (07/07/2023).

Ketua DPCPPP  Banyuwangi itu mengungkapkan banyak manfaat yang diperoleh pemerintah dengan membuat jalur alternatif. Selain mampu mengurangi kemacetan arus lalu lintas, jalur alternatif yang dibangun akan menumbuhkan perekonomian rakyat yang dilalui oleh kendaraan warga atau wisatawan yang melalui jalur alternatif tersebut.

Selain itu dengan adanya kemudahan akses keluar masuk kendaraan juga akan mendongkrak dan meningkatkan nilai harga jual tanah dan lahan yang ada disepanjang jalur altenatif yang dibangun oleh pemerintah.

“Kami menyarankan agar pemerintah Banyuwangi mengusulkan kepada pemerintah pusat, provinsi maupun dinas/instansi terkait untuk membuat jalan alternaif dari Wongsorejo yang tembus Kalipuro, Banyuwangi sampai dengan Rogojampi. Fasilitas jalan tersebut menjadi salahsatu solusi mengatasi terjadinya kemacetan parah di kawasan pelabuhan Ketapang di masa mendatang,” imbuh politisi berdarah Madura tersebut.

Haji Basir menambahkan agar kemacetan yang terjadi saat ini tidak semakin parah dinas perhubungan, kepolisian dan dinas/instansi terkait lain diharapkan segera bertindak cepat membangun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah provinsi maupun para pengusaha jasa angkutan dan produsen makanan minuman dan barang-barang rumah tangga lain untuk sementara menahan pengiriman barang.

“Kami berharap Dinas Perhubungan, kepolisian dan pihak terkait lain supaya segera melakukan koordinasi para pihak yang ada di Jembrana, Banyuwangi maupun kabupaten/kota lain di Jawa Bali untuk tidak melakukan pergerakan kendaraan  masuk ke Kabupaten Banyuwangi agar kemacetan tidak semakin parah,” tambah Basir.//////

Selain itu untuk mempercepat mengurai kemacetan, dinas/instansi terkait  diharapkan mampu mempercpat perbaikan dermaga ponton yang ada di Gilimanuk untuk menambah jumlah dan volume pelayanan penyeberangan dari Ketapang – Gilmanuk dan sebaliknya.

“Sharusnya sejak awal pemerintah sudah memprediksi ini memasuki liburan anak sekolah berbarengan dengan liburan ada peningkatan pergerakan masyarakat yang ada di Jawa maupun Bali otomatis ada potensi lonjakan dan penumpukan penumpang dan kendaraan yang akan ke Pulau Bali maupun yang kembali ke Banyuwangi dan kabupaten kota lain yang ada di pulai Jawa,” pungkas H Basir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.