Rangkaian Gelaran BEC 2023 Dimulai dan Disambut Antusiasme Peserta Berlatih Koreografi

by -906 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Para peserta yang lolos seleksi Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2023 akan digelar 8 Juli 2023 mendatang mulai mengikuti rangkaian kegiatan salah satunya program latihan koreografi. Peserta terlihat semangat dan secara serius berlatih untuk mendapatkan komposisi yang bagus di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, Banyuwangi pada  Jumat, (30/06/2023).

Sebanyak 100 peserta BEC yang lolos seleksi audisi yang diselenggarakan pada 14-21 Maret 2023 lalu. Mereka semua dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Mulai dari pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga dari SKPD Pemkab Banyuwangi pun antusias mengikuti seleksi.

iklan aston

BEC tahun 2023 ini masuk di Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dengan mengangkat tema Ijen Geopark dengan tagline “The Magic of Ijen Geopark“.

Pada latihan koreografi hari ini, koordinator leader, Selamet Suroso, memberikan materi mengenai komposisi koreografi kepada semua peserta.

“Tadi saya memberikan materi koreografi sesuai dengan tema masing-masing supaya lebih berwarna. Alhamdulillah, mereka semua sangat antusias menerima materi yang saya berikan” ungkap Selamet Suroso yang juga biasa dipanggil Om Sela.

BEC 2023 mengangkat tema Ijen Geopark, yakni merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan serpihan tanah sorga di ujung timur Pulau Jawa tahun ini masuk dalam Unesco Global Geopark (UGG).

Para leader BEC merupakan para pelaku seni dan industri fashion seperti;  Annisa Febby, Om Sella, Morin, Bu Ririn, Deni, Nanda dan juga Arbi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Banyuwangi, Ainur Rofiq memberikan semangat kepada peserta yang hari ini mengikuti latihan koreografi. Ia mengingatkan agenda setelah ini. Nanti (04/07/2023 ) akan dilaksanakan penilaian kostum tahap ke 2 atau  dengan progres 90 persen bertempat didepan Gesibu Blambangan Banyuwangi.

“Hari ini mereka semua berlatih secara serius dan semangat. Saya juga ingatkan dalam penilaian kostum tahap 2 sudah harus disiapkan secara matang. Tentu saya juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan hingga hari H nanti sudah sangat siap untuk perform,” ujar Rofiq.

Dalam latihan koreo BEC 2023, Alumni Fisip Universitas Jember itu juga menyampaikan beberapa poin penting penilaian yang lain yakni mengenai kostum dan sepatu. Selain juga Imenegaskan kepada semua peserta harus nyaman dengan pakaian yang mereka kenakan saat perform.

“Semua kostum harus nyaman. Dan juga harus diingat, bahwa musik semuanya memiliki waktu sesuai koreografi. Jadi para peserta harus bisa estimasi waktu yang tepat,” imbuh Rofiq.

Ada banyak tahapan kegiatan sebelum acara BEC. Peserta telah dipresentasikan pada penilaian tahap pertama sebelum hari H. Dan tahap kedua dilaksanakan pada H-4 sebelum hari H. Seluruh peserta sudah harus mempersiapkan karya kostumnya secara maksimal.

Rangkaian BEC 2023 cukup panjang, butuh waktu kurang lebih 1 minggu. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi: ethno wear, pameran geopark nasional, MUNAS pengelola Geopark se Indonesia, pasca kegiatan H+1 akan digelar awarding dengan konser musik BEC dari tahun ke tahun.

Harapan dari penyelenggaraan even spektakuler dalam rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival (Be-Fest) ini diharapkan  bisa mengundang wisatawan untuk mancanegara maupun wisatawan nusantara datang ke Banyuwangi dan menyaksikan even tersebut serta bisa berdampak pada pergerakan ekonomi masyarakat Banyuwangi khususnya sekitar venue acara BEC 2023.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.