Idhul Adha Tak Hanya Meningkatkan Keimanan Saja Sekaligus Jaga Toleransi dan Kebersamaan Warga

by -210 Views
Wartawan: Budi Widayat
Editor: Herry W. Sulaksono
Kompak, warga Dusum Segunung, Desa Sumberagung, Jatirejo, Mojokerto, meemotong dan memilah hewan qurban, Kamis (29/06/23).
iklan aston

Mojokerto, seblang.com – Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan umat Islam, dimaknai sebagai salah satu ibadah untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa). Namun momentum ini sekaligus dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan menjaga toleransi antar warga.

Momentun itu terlihat saat warga masyarakat menyembelih hewan qurban, pembagian hingga pengemasan untuk dibagikan pada warga yang berhak menerima. Seperti yang dilaksanakan oleh warga Dusun Segunung, Desa Sumberagung, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Kamis (29/06/23).

iklan aston

Usai shalat Idul Adha di Masjid Miftaqul Qulub, warga bersama-sama melaksanakan penyembelihan herwan qurban di lingkungan Masjid. Tahun ini 2 ekor kambing qurban dari masyarakat yang disembelih.

KH Matfudin, Ta’mir Masjid Miftaqul Qulub mengatakan, setiap Idul Adha, warga kompak dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban. Masing masing warga langsung membantu proses pembersihan daging qurban sesuai dengan keahlihan dan kebiasaan masing masing.

“Alhamdulillah, meskipun hewan qurban tahun ini hanya 2 ekor kambing, masyarakat tetap guyub dan rukun. Tentu ini sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT ,” kata H. Matfudi yang juga memjabat Kepala Dusun Segunung.

Dia berharap, kerukunan dan kekompakan warga tak hanya pada saat momentum Idul Adha saja, namun disetiap kegiatan dusun dan kegiatan desa, warga selalu kompak.

“Seperti tahun tahun sebelumnya, tanpa diberi tahu satu persatu, masyarakat sudah guyup dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat,” jelasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.