BPBD Banyuwangi: Tiga Kecamatan Rawan Kekeringan Tingkat Tinggi

by -790 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tiga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi akan memasuki musim kemarau dan mengalami kekeringan tingkat tinggi. Hal itu diperingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi yang memaparkan mengenai dampak fenomena El Nino yang diprediksi menyebabkan kemarau lebih kering dari musim sebelumnya.

Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito mengatakan  pihaknya melakukan identifikasi ke daerah-daerah yang rawan mengalami kekeringan.

iklan aston

“Kecamatan Wongsorejo, Tegaldlimo dan Bangorejo. Dari ketiga kecamatan tersebut, ada 12 desa yang masuk kategori rawan kekeringan,” ungkapnya, kepada awak media, Rabu (28/06/2023).

Menurutnya, dari hasil pemetaan hampir seluruh kecamatan di Bumi Blambangan rawan terjadi kekeringan. Namun ada tiga kecamatan itu yang terdeteksi memiliki status rawan kekeringan tingkat tinggi.

Mujito menambahkan, di Kecamatan Bangorejo terdapat Desa Sambimulyo dan Desa Sambirejo yang potensi kekeringannya tinggi. Kemudian di Kecamatan Tegaldlimo ada Desa Kalipait, Kedungasri, Kendalrejo, Purwoagung dan Wringinpitu.

“Sementara di Kecamatan Wongsorejo ada lima desa. Masing-masing Desa Alasbuluh, Alasrejo, Bangsring, Sidowangi dan Desa Wongsorejo,” Ujarnya.

Maka dari itu, pemetaan wilayah rawan kekeringan dilakukan untuk memetakan bencana di daerah serta penanganannya. Dikarenakan, beberapa wilayah memang cukup rawan bencana kekeringan.

Sehingga, hampir seluruh wilayah di Banyuwangi masuk kategori rawan terjadinya kekeringan, namun ada tingkat kerawanannya. Ada yang masuk dalam kategori tinggi, sedang maupun ringan.

Sementara itu, pihaknya bersama warga juga sudah mulai melakukan antisipasi dengan mengamankan persediaan air bersih. Apalagi di Kabupaten Banyuwangi sudah dibangun sarana dan prasarana air bersih untuk mencukupi kebutuhan warga.

“Kami rasa selama musim kemarau cadangan air bersih terutama di wilayah yang rawan kekeringan masih tercukupi dengan sarana dan prasarana yang dibangun Pemkab Banyuwangi,” jelasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.