Tim SAR Gabungan Evakuasi Nelayan NTB yang Hanyut sampai Perairan Pancer Banyuwangi

by -635 Views
Wartawan: M. Yudi Irawan
Editor: Herry W. Sulaksono
Foto : Evakuasi Tim SAR Gabungan, tersebut (Ist)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi nelayan yang hanyut dari Perairan Lombok, Kota Mataram, Provinsi NTB. Tiga  ABK Perahu Jhoni,@$,putra berhasil diselamatkan di tengah Perairan Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (15/06/2023).

Sesuai keterangan saksi, Kasatpolairud Polresta Banyuwangi Kompol. Masyhur Ade, S.I.K., menjelaskan, ABK masing – masing beridentitas Palianto (24), Hidir Hidayat (26), dan Ahyar Rosidi (26) asal Dusun Kombang, Desa Bawun, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, hanyut bersama perahu mereka saat mencari ikan di perairan Lombok NTB.

iklan aston

Sabtu (10/06/2023) sekitar Pukul 12.00 WITA, tiga orang ABK ini berangkat melaut dari Pelabuhan Jombang Kota Mataram, menuju Perairan Lombok Minggu (11/06/2023) sekitar Pukul 09.00 WITA, tiba – tiba saja terjadi kendala di perahu. Mesin mengalami gangguan hingga mati.

Karena kendala itu, tiga ABK langsung berusaha membenahi mesin , akan tetapi mesin tetap tidak menyala. Akibatnya perahu hanyut terbawa arus ke arah barat ke tegah lautan. Empat hari terombang abing, akhirnya ketiaga ABK ini dapat ditemukan nelayan Kabupaten Banyuwangi, di Perairan Pancer, dan berhasil di evakuasi oleh Tim SAR gabungan.

“Tiga ABK langsung dievakuasi dalam kedaan lemas. Karena selama 4 hari diduga tidak makan, minum. Ketiganya langsung diberikan pertolongan dengan cara diberi makan dan minum,” jelas Kompol. Masyhur Ade, S.I.K,.

Peristiwa ini menurut Kasatpolairud Polresta Banyuwangi, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, akibat kecelakaan laut tersebut pemilik perahu mengalami kerugian sekitar Rp. 3 juta.

“Tidak ada korban jiwa. Saat ini kedaan ketiga ABK sudah membaik dan sehat,” pungkas Kasatpolairud Polresta Banyuwangi.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.