Gelar Banyuwangi Jaman Bengen  Dan Pamerkan Benda Purbakala

by -941 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Banyuwangi akan menggelar pameran benda-benda kuno dan antik di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi dalam program kegiatan yang bertajuk “Banyuwangi Jaman Bengen” selama sepekan mulai 11-17 Juni 2023.

Pengunjung akan mendapatkan sajian dan bisa menikmati keindahan berbagai macam benda kuno dan bersejarah yang dipajang di halaman depan Kantor Disbudpar Banyuwangi. Barang antik tersebut mulai dari yang berbahan batu, tanah liat, keramik, kayu, hingga batu akik dan keris.

iklan aston

Pelaksanaan program kegiatan “Banyuwangi Jaman Bengen” nantinya akan diisi berbagai macam rangkaian acara seni budaya yang akan memeriahkan pameran setiap harinya.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disbupar Banyuwangi, Choliqul Ridha, dalam catatan perjalanan sejarah,  Banyuwangi memiliki berbagai cerita masa lalu yang menarik. Tentu kisah-kisah tersebut ada pada benda-benda kuno yang memiliki sejarah.

“Pameran Banyuwangi Jaman Bengen tentu membawa cerita sejarah yang nantinya akan diteruskan untuk anak dan cucu kita. Cerita sejarah tersebut tentu memiliki pesan heroik pada zaman dulu. Dengan adanya kegiatan ini, salahsatunya ditujukan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan Banyuwangi pada generasi millenial,” ujar Choliq dalam rilis yang dikirim pada Jumat (09/06/2023).

Pameran Banyuwangi Jaman Bengen akan dipenuhi booth barang-barang purbakala Banyuwangi tempo dulu seperti: barang-barang etnis Mandar, etnis Oesing, etnis Jawa dan etnis Madura serta etnis lain yang tumbuh dan berkembang di kota ujung timur pulau Jawa ini..

Selain itu ada aneka macam bebatuan masa lalu yang telah diolah, barang-barang museum Blambangan, foto-foto Banyuwangi Tempo Doeloe, barang-barang masa lalu di Banyuwangi yang unik dan antik.

Selain itu, Ijen Geopark yang telah resmi menjadi jaringan UNESCO Global Geopark pun, nantinya juga akan turut meramaikan pameran Banyuwangi Jaman Bengen. Akan ada booth dengan pengenalan dasar tentang Ijen Geopark kepada para pengunjung yang hadir.

Adapun rangkaian kegiatan yang dijadwalkan akan meramaikan Banyuwangi Jaman Bengen antara lain;  Senin, (12/06) Bioskop Keliling Kecagarbudayaan, Opening Ceremony, Pertunjukan Rengganis. Selanjutnya pada Selasa, (13/06)  Belajar Bersama di Museum, Lomba Teater Osing, Night Accoustic Performe.

Pada Rabu, (14/06) panitia akan menggelar Seminar hasil kajian koleksi museum Blambangan. Lalu pada Kamis, (15/06) pengunjung bisa menikmati sajian Rindik Music Performe, Night Accoustic Performe. Pada Jum’at, (16/06) Night Accoustic Performe dan Sabtu, (17/06) akan digelar Clossing Ceremony.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.