Animo  Pelajar Mengikuti Lomba Jaranan Buto Cilik di Banyuwangi Cukup Besar

by -936 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam era digital saat ini ternyata masyarakat Banyuwangi sampai kini masih banyak yang setia dalam menjaga memelihara dan melestarikan seni budaya tradisional khas daerahnya.

Salahsatunya kesenian Jaranan Buto yang tumbuh dan berkembang di wilayah Banyuwangi selatan.  Bahkan masih banyak anak-anak dan remaja yang gemar menari Jaranan Buto.

iklan aston

Jaranan buto adalah seni tari yang menggunakan properti kuda-kudaan seperti tari kuda lumping.

Saat ini, di  Banyuwangi selatan sedang booming seni Jaranan Buto di kalangan anak-anak dan remaja.

Untuk pertama kalinya di Banyuwangi pada tahun 2023 diselenggarakan lomba seni tari Jaranan Buto Cilik di Aula Cluring Waterpark, Banyuwangi Rabu, (07/06/2023).

Ajang lomba seni Jaranan Buto tersebut menarik minat ratusan pelajar SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat menjadi peserta .

Para peserta lomba didampingi oleh orang tua/wali murid serta guru pendamping masing-masing membuat suasana panggung ajang Jaranan Buto Cilik semakin meriah.

Menurut Ketua panitia lomba Seni Jaranan Buto Cilik, Suko Prayitno, pihaknya merasa bangga atas minat dan antusiasme para generasi muda di Banyuwangi dalam menjaga memelihara dan melestarikan kesenian Jaranan Buto.

“Selama ini kebanyakan pelajar di Banyuwangi yang berprestasi di dunia tari rata-rata perempuan. Maka dari itu kami mencoba untuk menggerakkan ajang seni tari yang diminati siswa laki-laki untuk menyalurkan minat dan bakatnya dengan menggelar lomba Jaranan Buto Cilik,” Ujar Suko.

Melalui ajang lomba ini, Suko berharap seni Jaranan Buto ini nanti akan tumbuh dan berkembang  di seluruh wilayah kecamatan se Banyuwangi.

“Intinya jangan sampai kesenian ini punah. Generasi muda tetap eksis dengan kesenian-kesenian yang ada di Banyuwangi,” imbuh Suko.

Dalam catatan sejarah perkembangan seni Jaranan Buto di Banyuwangi, pada masa dahulu kesenian ini dikembangkan oleh Almarhum Setro Asnawi asal kabupaten Trenggalek.

Dia merantau sekaligus menjadi warga Banyuwangi sekitar tahun 1963. Pria asal Trenggalek tersebut tinggal di Dusun Cemetuk, Desa Cluring, Banyuwangi.

Setelah setahun menetap di Banyuwangi, Mbah Setro mengembangkan kesenian tari Jaranan Buto yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh penggiat seni budaya tradisional di Bumi Blambangan.

Dalam penampilan para penari Jaranan Buto, mengenakan pakaian ala prajurit yang gagah berani. Mereka merias mukanya bak seperti amarah buto dengan menunggang kuda terbuat dari kulit bergambarkan wajah raksasa./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.