Tingkatkan Kesehatan, Pimpinan dan Anggota DPRD Banyuwangi Jalani Medical Check Up

by -618 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Untuk mengetahui kondisi kesehatan, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh atau General Medical Chek Up.

Kegiatan tersebut di fasilitasi Sekretariat Dewan (Setwan) Banyuwangi berlangsung hari Rabu dan Jum’at (16 dan 18 Mei 2023) di RSUD Blambangan.

iklan aston

Terpisah Wakil Ketua DPRD, Ruliyono,SH mengatakan, kegiatan Medical Check Up ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kesehatan pimpinan dan anggota DPRD.

Menurutnya, jika melihat kualitas dan kuantitas agenda pimpinan dan anggota DPRD yang begitu padat ketika melaksanakan tupoksinya, berkoordinasi dan berinteraksi dengan konstituen, maka masalah kesehatan tidak boleh diabaikan.

“Jangan sampai saking banyaknya kegiatan jadi lupa waktu sehingga masalah kesehatan menjadi terabaikan,” ucap Ruliyono saat dikonfirmasi, Senin (22/05/2023)

Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi ini berharap, setelah Medical Check Up ini anggota dewan perlu melakukan introspeksi terhadap kondisi kesehatan masing-masing.

“Kalau kondisi kesehatannya sedang tidak Fit, ya jangan dipaksakan mengikuti kegiatan yang aktivitasnya menuntut kondisi tubuh yang prima. Saya berharap ini menjadi perhatian teman teman DPRD kedepan,” harapnya .

Ruli menambahkan, kegiatan Medical Check Up ini sangat membantu pimpinan dan anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kegiatan ini sangat membantu, karena rutinitas anggota DPRD itu cukup padat, nah kalau tidak ditunjang dengan kondisi kesehatan yang prima tentu akan mengganggu tugas pokok fungsi anggota dewan,” tuturnya.

Sementara Kasie Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Banyuwangi, Imam Basuki.S.Sos menyampaikan, medical check up dilakukan guna memastikan para legislator tersebut tetap fit dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sehingga para wakil rakyat tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, karena beliau-beliau sebagai wakil rakyat harus selalu fit,” katanya.

Sebenarnya, cek kesehatan merupakan kegiatan rutin tahunan DPRD Banyuwangi untuk mendeteksi secara dini adanya gejala-gejala penyakit. “Semuanya dicek, sebanyak 50 legislator terdiri dari pimpinan dan anggota,” jelasnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa item yang dilakukan pihak RSUD Blambangan dalam medical check up tersebut. Di antaranya cek darah, tes urine, pemeriksaan torak foto dan rekam jantung.

“Termasuk treadmill dan USG. Kemudian untuk darah meliputi darah rutin, kolesterol total, regosida, HDL dan fungsi ginjal,Kemudian pemeriksaan fungsi ginjal, fungsi hati dan hepatitis,” akhirnya mengakhiri keterangannya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.