Jaga Ekosistem Alam, Kodim 0825/Banyuwangi Tanam Ribuan Mangrove di Pantai Cemara

by -555 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kodim 0825/Banyuwangi melaksanakan penanaman 1500 mangrove di Pantai Cemara Kelurahan Pakis Kabupaten Banyuwangi, Senin (15/5/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan serentak secara nasional yang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan ekosistem alam serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

iklan aston

Usai melaksanakan penanaman bibit Mangrove di bibir Pantai Cemara, kegiatan dilanjutkan mengikuti vicon bersama Presiden Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Kegiatan penanaman Pohon Mangrove ini diikuti oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, S.H.,S.I.K., M.I.K. , Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan, M.Tr. (Han), Danlanal Banyuwangi Letkol Laut ( P ) Indra  Nusha R, M. Tr. Hanla, Mayor Mar Agung Danden tempur PLP 7 Lampon, Para Danramil 0825 Banyuwangi, Anggota TRC, PLP,

Asisten Pemerintahan, Kepala Cabang Dinas Kehutanan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Pengairan, Kalaksa BPBD, Mahasiswa Stikes, Siswa Pramuka, Siswa SMA Negri 1 Giri Taruna Bangsa, Siswa MAN 1 Banyuwangi, serta Pokdarwis Cemara.

Dalam virtual tersebut Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada TNI, Polri dan masyarakat yang berada di seluruh tanah air Indonesia. Jokowi meminta agar pohon Mangrove yang baru saja ditanam untuk dirawat.

“Saya harapkan Pohon Mangrove ini dipelihara dan dijaga agar bisa hidup semuanya. Semoga bermanfaat untuk anak cucu nanti,” ucap orang nomer satu di Indonesia.

Kapten Inf Edi Supriono Pasiter menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI untuk mencintai alam. Hal ini guna mencegah ancaman abrasi dan dan menjaga ekosistem alam. “Semoga bermanfaat untuk generasi selanjutnya,” ujarnya.

Serma Arief Efendi menyampaikan Mangrove adalah benteng alami bagi daratan. Selain mencegah abrasi, mangrove secara alami bisa memecah ombak atau gelombang yang melaju ke daratan. Selain itu, ekosistem di bawah mangrove juga bermanfaat bagi masyarakat pesisir. “Yakni menjadi tempat berkembang biak biota laut seperti udang, ikan dan kerang,” ujarnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.