Dengan Modal Armada Kendaraan Tua Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi Pantang Menyerah Membangun Kekuatan

by -920 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com -Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Banyuwangi pantang berkeluh kesah dan terus berupaya membangun kekuatan dengan modal armada tua dan fasilitas yang sangat terbatas.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Banyuwangi melalui Sekretaris Dinas Gatot Suyono, untuk mengatasi keterbatasan fasilitas dan sarana prasana (Sarpras) pihaknya memaksimal yang sudah ada.

iklan aston

“Sarana yang ada kami modifikasi, salah satunya sebelumnya Damkar dan Penyelamatan belum memiliki mobil Rescue untuk penyelamatan. Dinas Damkar memiliki dua mobil yang tidak berfungsi kemudian dimodifikasi menjadi mobil Rescue yang saat ini ditempatkan di Pos Srono,” jelas Gatot.

Mantan Camat Glenmore itu menuturkan berdasarkan evaluasi yang dilakukan dalam kondisi anomali cuaca pihaknya menyiapkan diri untuk sigap. Pertama sigap sumber daya manusia (SDM) nya yang stand by 24 jam. Kemudian sarana prasaranya harus ready (siap pakai) sehingga tidak ada sarpras yang tidak bisa digunakan. Pengecekan dilakukan secara kontinyu sehingga apalagi terjadi emergency selalu siap SDM maupun sarprasnya.

Pejabat kelahiran Kediri itu mengungkapkan untuk daerah Banyuwangi yang sangat luas idealnya ada 7 pos untuk Dinas Damkar dan Penyelamatan. Antara lain Pos Srono, yang diharapkan mampu mencover wilayah Tegaldlimo Purwoharjo Cluring Rogojampi Muncar dan Blimbingsari serta Srono sendiri.

Selanjutnya Pos Genteng yang disiapkan untuk mengatasi apabila ada bencana kebakaran di wilayah kecamatan Genteng, Sempu Glenmore dan Kalibaru.

Pos berikutnya di wilayah utara atau kecamatan Wongsorejo dan Pos Licin untuk mencover daerah barat Licin dan kecamatan Glagah.

Kemudian Pos Damkar dan Penyelamatan di kecamatan Siliragung yang siaga untuk mengamankan wilayah Siliragung, Pesanggaran dan kecamatan Bangorejo.

“Saat ini selain markas komando (Mako) di wilayah Kota Banyuwangi sudah ada Pos Srono yang sudah ada mobil Rescue dan Pos Genteng yang mobil rescuenya dalam proses pengerjaan,” imbuh Gatot.

Mobil Pemadam kebakaran yang dibutuhkan masing-masing pos idealnya 2 unit yaitu satu unit suply dan mobil semprot.”Saat ini Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi memiliki 11 unit mobil damkar yang terdri 4 unit suply dan 7 mobil penyemprot. Sampai saat ini kondisinya masih bisa digunakan tetapi kurang lincah karena faktor usia yang cukup tua,” pungkas Gatot.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.