Lestarikan Seni Budaya Sekaligus Hidupkan UMKM, Bumdes Srikandi Gelar Bazar Ramadan

by -803 Views
Pentas Seni Bazar Ramadhan UMKM Srikandi (yud)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Srikandi, Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, menggelar Bazar Ramadan 1444 Hijriyah.

Aneka jajanan dan berbagai produk keterampilan dari para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat dipasarkan, hingga menuai antusias dari masyarakat.

iklan aston

Terlebih dalam bazar tersebut pihak panitia kegiatan juga mementaskan seni budaya yang diperankan oleh para pemuda desa setempat untuk memperfomalitaskan karya seninya, baik musik etnik, dan musik modern.

Seperti pementasan Pemuda Sanggar Dharma Kahuripan Dusun Ngadimulyo, Desa Bulurejo, yang dipelopori Agus Jolodong. Menurutnya, kelompok seni budaya Pemuda Hindu binaannya ini menampilkan gamelan khas Bali, dan Seni Jaranan Buto Banyuwangi.

“Warga yang datang sangat ramai. Kami hadir di sini untuk meramaikan kegiatan Bazar Ramadan,” jelas Agus, Minggu (26/03/2023).

Kepala Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Widarto ST, melalui Ketua Bumdes Srikandi Sugeng Kristiyanto menjelaskan, para UMKM tidak dipungut biaya, panitia menyediakan stand gratis untuk masyarakat. Pihaknya berharap, dari kegiatan ini bisa menghidupkan kembali UMKM warga desa, agar dari usahanya dapat memberikan manfaat.

“Bazar Ramadhan ini bertujuan untuk menguri – uri budaya dan meningkatkan UMKM warga Bulurejo,” jelasnya.

Usaha Bumdes Srikandi, menurut Sugeng bergerak dibidang penjualan kebutuhan masyarakat mulai dari Dipo isi ulang air minum, obat pertanian, sembako. Selain itu, Bumdes Srikandi juga mengelola RTH Bulurejo.

Di sini RTH memberikan tempat wisata ‘My Lepen’ bagi masyarakat yang ingin sekedar ngopi dan menikmati alam berupa sungai yang bersih, dengan spot pemandangan persawahan yang indah. Tentunya cocok untuk kalangan muda.

“Mudah – mudahan program kami, bisa memudahkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Sugeng Kristiyanto, di sela kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.