Kirim Tiga Sapi Ikuti Kontes Sapi Nasional, Banyuwangi Mampu Sabet Juara

by -1108 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Keberhasilan sapi asal Banyuwangi mendapatkan juara 2 (dua) dalam  Kontes Sapi Nasional APPSI Bupati Cup Karawang tahun 2023 atas nama sapi Bleggoh kelas P 0 dan sapi Damar Wulan  kelas Baby  diharapkan mampu menjadi pemacu semangat para peternak sapi Banyuwangi lain untuk lebih berhasil di masa mendatang.

Menurut Kelompok Peternak Sapi Banyuwangi, Suhariyanto, dalam kontes di Farm Induk APPSI Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat Karawang – Jawa Barat, pada 21 – 22 /01/2023 lalu Banyuwangi mengirimkan 3 ekor sapi dan semua mampu masuk tiga besar. Yaitu Kelas P 0 sapi Bleggoh meraih  juara dua dan sapi dinamai Tomas mendapat juara 3 . Selanjutnya dalam Kelas Baby 1 ekor sapi Damar Wulan  juga mampu meraih juara 2 (dua).

iklan aston

“Alhamdulillah hasilnya bagus dan maksimal semoga mampu menjadi pemacu semangat para peternak sapi Banyuwangi lain untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam menghasilkan bibit-bibit unggul maupun sapi yang bermutu dan berkualitas di tingkat nasional,” jelas Hariyanto di Kantor Pemkab Banyuwangi pada Rabu (25/01/2023).

Lebih lanjut Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember  itu mengingatkan agar keberhasilan yang diraih tidak mengakibatkan rasa puas dan lengah. Para peternak sapi sepakat untuk terus menggali potensi dan mencari cara agar sektor ternak sapi Banyuwangi mampu menghasilkan sapi yang bagus sehingga harga jualnya tinggi yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan para peternak sendiri.

Ayah dua putri tersebut menambahkan pada dasarnya dalam sektor peternakan (khususnya sapi) Banyuwangi dikenal sebagai daerah penghasil bibit atau anakan yang bagus. Sehingga tidak sedikit peternak dari kabupaten / kota lain yang berburu bibit sapi ke kota yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini.

“Bahkan juara satu kelas Baby merupakan anak sapi asal Banyuwangi yang dibeli peternak kabupaten lain. Hal ini tentunya menjadi peluang dan tantangan bagi peternak sapi Banyuwangi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Kelompok Peternak Sapi Banyuwangi secara gotongroyong mengirimkan 3 (tiga) ekor sapi untuk mengikuti Kontes Sapi Nasional Asosiasi Peternak & Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) Bupati Cup Karawang) di Farm Induk APPSI Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat Karawang – Jawa Barat, pada 21 – 22 Januari 2023..

Menurut Ketua Kelompok Peternak Sapi Banyuwangi Suhariyanto, dalam even tersebut pihaknya akan mengikuti Kelas  P 0, dengan mengikutkan 2 (Dua) ekor sapi yang diberi namaTomas milik Vicky asal Wongsorejo) dan Bleggoh ( Riyanto dari kecamatan Sempu).

Selain itu juga mengikuti kontes Kelas Baby 1 ekor sapi yang diberi nama Damar Wulan milik Vicky asal Wongsorejo.

“Untuk targetnya ya mampu mendapatkan gelar juara, minimal masuk 5 besar soalnya ini kontes sapi nasional,” jelas Hariyanto, di kantor Pemkab Banyuwangi pada Kamis (19/01/2023).

Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember  itu menuturkan ada beberapa manfaat yang diperoleh Kelompok Peternak Sapi Banyuwangi, diantaranya membantu mempromosikan mempromosikan Banyuwangi di tingkat nasional khususnya di kalangan peternak sapi.

“Selain itu juga dalam rangka menjalin silaturahmi dan komunikasi antar peternak sapi di Indonesia, mengenalkan potensi hewan ternak (sapi) di tingkat nasional dan meningkatkan harga jual sapi apabila tampil sebagai juara,” tambah ayah dua anak tersebut./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.