Komisi IV DPRD Banyuwangi Mengundang Dinas PU CKPP atas Robohnya Bangunan Pendapa Kecamatan Cluring

by -408 Views
Suasana pertemuan Komisi 4 dewan dengan Dinas PU Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman di Ruang Rapat Komisi 4 DPRD Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Menindak lanjuti peristiwa robohnya bangunan pendapa Pemerintah Kecamatan Cluring, Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi mengundang Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Rabu (28/12/2022)

Menurut Ficky Septalinda, Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi dampak robohnya atap pendapa kecamatan Cluring mendorong anggota DPRD Banyuwangi berpikir kondisi bangunan di Banyuwangi yang lain.

iklan aston

Dalam pertemuan dengan Dinas PU Cipta Karya, pihak legislatif meminta penjelasan progam apa yang sudah dilakukan sebagai  tindak lanjut setelah melaksanakan sidak lokasi dengan membawa gambar tahun anggaran 2015 untuk mencocokkan kesesuaian dengan spek yang ditetapkan.

“Penjelasan mereka karena sudah berjalan 8 tahun kerangka baja ringan dan atapnya memakai genteng karangpilang yang penyerapan airnya menjadi tambahan beban apabila terjadi hujan bertambah berat,” jelas Ficky.

Kondisi tersebut diperparah dengan terjadi korosi atau berkaratnya baja ringan akibat bocoan air hujn secara terus menerus, imbuhnya.

Dengan adanya musibah tersebut, dewan meminta Dinas PU Cipta Karya untuk melakukan pengecekan  semua bangunan yang ada di kecamatan termasuk bangunan sekolah dan bangunan milik Dinas Pendidikan yang sebagian juga menggunakan kerangka baja ringan.

Selanjutnya Politisi Perempuan asal PDI Perjuangan itu menambahkan bangunan pendapa kecamatan menggunakan konsep bangunan atap Osing,  yang modelnya terlalu tegak dan bentuk bawahnya mirip tampah yang lebar.

“Bangunan Osing asli seharusnya menggunakan kayu dan atap genteng Karangpilang bisa. Lha kenyataan di lapangan kan menggunakan kerangka baja ringan. Apakah ketebalan baja betul sesuai dengan ukuran atau KW, ini yang perlu dievaluasi kembali kualitasnya,” pungkas Ficky.

Sementara Danang Hartanto, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi mengungkapkan bangunan pendapa Pemerintah Kecamatan Cluring merupakan bangunan tahun 2015 sehingga usianya sudah sekitar 8 tahun.

Selain itu karena faktor alam dimana dalam beberapa waktu terakhir di kawasan tersebut sering terjadi hujan yang disertai angin kencang kemungkinan ada di titik lelah. “Dan ada korosi  karena terjadi kebocoran kemungkinan penyebabnya itu,” jelas Danang.

Selanjutnya dia menuturkan pemerintah Banyuwangi mengagendakan untuk membangun pendapa Kecamatan Cluring pada sekitar Februari – Maret 2023 mendatang karena bangunan tersebut merupakan fasilitas publik yang harus dipercepat./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.