Jelang Libur Nataru, Operasi Lilin Semeru 2022 Digelar Mulai Jumat Besok Hingga 3 Januari 2023

by -498 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi beserta Forkopimda melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 untuk pengamanan Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Apel tersebut dilaksanakan pada, Kamis pagi (23/12/22) bertempat di lapangan apel Polresta Banyuwangi.

Turut hadir sebagai pemimpin apel Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan  menyampaikan amanat Kapolri bahwa apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 ini dilaksanakan untuk pengecekan akhir dalam rangka pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasukan terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Orari, Relawan Ambulan dan Pramuka.

iklan aston

“Operasi dilaksanakan selama 10 hari yakni, 23 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023. Ditambah Kegiatan Razia Yang Ditingkatkan (KRYD) dari tanggal 3 Januari sd 9 Januari. Selain itu diharapkan semua pihak termasuk masyarakat bisa berperan aktif mematuhi Prokes Covid-19,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, operasi tersebut perlu dilaksanakan, mengingat Libur Nataru sendiri berpotensi meningkatkan aktifitas masyarakat yang dapat memicu gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas serta pelanggaran Prokes Covid-19.

Pada pelaksanaanya, operasi mengedapankan pendekatan preemtif dan preventif secara humanis dan penegakkan hukum secara tegas dan profesional sehingga masyarakat dapat melaksanakan Libur Nataru dengan rasa aman dan nyaman.

“Saat ini ada varian baru Covid19, oleh karena itu kita terapkan Prokes pada tempat publik, kita antisipasi gangguan keamanan, kemacetan, kecelakaan, kepadatan penyeberangan, lakukan penerapan contra flow, lakukan sosialisasi secara masif sebelum melalukan rekayasa lalu lintas. Pastikan tidak ada penumpukan kendaraan dengan menambah jumlah kapal dan menambah kantong parkir,  lakukan pengaturan jadwal pemberangkatan dan penjualan tiket online. Intensifkan patroli jalan kaki dalam rangka penertiban penerapan Prokes,” ujar Dandim 0825 Banyuwangi.

Dalam hal kejahatan konvensional, Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan Letkol Kav Eko menyampaikan untuk  meningkatkan patroli daerah rawan, ancaman terorisme merupakan gangguan yang nyata dan serius. Seperti yang terjadi di Polsek Astana Anyar maka lakukan deteksi.l dini dan penjagaan secara ketat pada pusat keramaian dan tempat ibadah.

“Kepada Satgas Pangan dan stake holder terkait lakukan pendekatan kepada para  pelaku usaha jangan sampai  melakukan penimbunan. Jika ada lakukan upaya Gakkum namun jangan sampai menganggu distribusi pangan,” perintah Kapolri.

Lebih lanjut pucuk pimpinan Polri dalam sambutannya memerintahkan untuk setiap hari melakukan sterilisasi tempat-tempat ibadah dengan melibatkan TNI, Jibom, Ormas. Jangan sampai terjadi kemacetan di lokasi wisata, siagakan tim tanggap bencana dan petugas medis.

“Guna mendukung upaya pengamanan maka optimalkan command center yang telah dilengkapi berbagai fitur kelengkapan guna maksimalkan upaya di pengamanan di lapangan, perkuat strategi komunikasi.publik, jangan hanya send namun juga deliver,” tegas Dandim bacakan  sambutan Kapolri.

Senantiasa perkuat sinergitas dan soliditas agar masyarakat mendapat rasa aman dan nyaman.

Laksanakan  pengamanan natal dan tahun baru dengan penuh tanggjawab, tegas, humanis kedepankan langkah preemtif dan preventif serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah.

“Selamat natal dan tahun baru semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan membawa optimisme dan kekuatan dalam.menjalankan tugas berbakti kepada bangsa dan negara, selamat bertugas. Semoga selalu dalam perlindungan Tuhan,” tutup Kapolri. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.