Butuh Hubungan yang Harmonis Kades – BPD Untuk Membangun dan Memajukan Desa

by -541 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi menggelar Harmonisasi Lembaga Pemerintahan Desa dengan tema “Menjalin Sinergitas Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan Desa“,di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi pada Selasa (20/12/2022).

Acara ini adalah upaya meningkatkan optimalisasi peran Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa (Kades) termasuk peran para Camat dalam membangun dan memajukan desa di wilayah Banyuwangi,

iklan aston

Menurut Ahmad Faisol, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi, dengan sisa waktu sekitar sepuluh hari Kepala Desa (Kades) dan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masih perlunya peningkatan pemahaman terkait kewenangan dan tugas pokok fungsi (Tupoksi) masing-masing.

Perlua adanya penguatan masing-masing lembaga agar berjalan seiring dan selaras mengemban tugas membangun desa. “Masih ada kendala menyatukan antar lembaga karena sesuai dengan aturan permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa bahwa penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2023 paling lambat  31 Desember 2022. Sehingga perlu adanya keselarasan antara Ketua BPD dengan Kades,” ujar Faisol.

Selanjutya dia menuturkan selama ini mekanisme berjalanya pelaksanaan pemerintahan desa tahunan yang sering kali terlupakan oleh Kades maupun Ketua BPD terkait waktu pelaksanaan perencanaan dan pertanggung jawaban.

“Pada kesempatan ini harapan kami berdasarkan materi yang disampaikan narasumber dari pemerintah pusat maupun provinsi bisa optimal sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” tambah Faisol.

Sesuai dengan pokok acara salahsatu tujuan dari pelaksanaan program kegiatan, lanjut  dia adalah terciptanya harmonisasi hubungan kerja antara Kades dengan BPD dalam melaksanakan tupoksinya.

Selanjutnya untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan serta sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dan dilandasi kepribadian yang baik.

Adapun narasumber dalam acara Harmonisasi Lembaga Pemerintahan Desa adalah Mohamad Wahyudi Kepala Bidang Bina Pemdes padaBadan Pemberdayaan Masyarakat dan DesaProvnsi Jawa Timur dan Rahayuningsih, Analis Kebijakan Ahli Madya Subdit BPD Musdes  pada ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Republik Indonesia (RI ).

Hadir dalam acara tersebut antara lain; H Mujiono, Sekda Kabupaten Banyuwangi,  Arief Setiwan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Banyuwangi, Edy Supriyono, Staf Ahli Bupati Banyuwangi Bidang Hukum Pemerintahan dan Pembangunan, Camat, Kades dan BPD se Banyuwangi dan beberapa undangan lain. Sementara  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang sedang melaksanakan tugas lain memberikan sambutan secara video Conference (VC).//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.