Pemkab Banyuwangi Susun SOP Tentang Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga

by -510 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Rapat Koordinasi awal penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan kejuaraan olahraga di Ruang Mas Alit Pemkab Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Belajar dari berbagai pengalaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menggelar rapat awal penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang melibatkan banyak massa di Ruang Mas Alit Pemkab Banyuwangi pada Rabu (12/10/2022).

Menurut Drs. Dwi Yanto Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi, dengan adanya SOP tentang penyelenggaraan kejuaraan olahraga ada standarisasi sarana prasarana dan resiko yang kemungkinan terjadi akan dituangkan dalam SOP.

iklan aston

“Yang terpenting adalah pembinaan dari para supporter fanatik. Karena dimanapun pangkal masalah dari supporter yang tidak bisa menerima kekalahan tim kesayangan mereka,” jelas Dwi.

Sehingga, lanjut pejabat berkacamata itu pihak yang akan menyelenggarakan pertandingan atau perlombaan harus mematuhi SOP yang ditetapkan, termasuk perbandingan antara petugas keamanan dengan estimasi jumlah penonton termasuk supporter harus dihitung.

“Siapapun yang akan menggelar pertandingan dengan menghadirkan ribuan penonton maka petugas yang harus disiapkan nanti dituangkan dalam SOP sehingga nanti semuanya bisa terkendali,” imbuh dia.

Untuk teknis penyusunan SOP tentang penyelenggaraan kejuaraan olahraga karena menyangkut teknis maka Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi yang paling berperan.

Sementara Abdul Aziz Hamidi, Kepala Dispora Banyuwangi menuturkan dalam penyusunan SOP penyelenggaraan kejuaraan olahraga pihaknya akan membentuk tim yang antara lain ; Dispora, KONI Banyuwangi, Aparat Keamanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan instansi terkait yang lain.

“SOP yang dibuat mengatur penyelenggaran kejuaraan olahraga yang mengundang penonton jumlah banyak atau sedikit akan ditetapkan dalam aturan,” jelas Aziz.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.