Senam Bersama Gowes dan Gelar Lomba Olahraga Tradisional Cara Banyuwangi Peringati Haornas Tahun 2022

by -722 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi  menggelar rangkaian kegiatan mulai dengan senam aerobic, gowes bareng, menggelar lomba olahraga tradisional dan perlombaan olahraga bagi difabel mulai SD – SMA Luar Biasa (LB) pada Jumat (9/09/2022) besok.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi melalui Achmad Yani, Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, dengan momen Haornas tahun ini pihaknya ingin mencari bibit-bibit potensial untuk olahraga rakyat seperti; Egrang, Terompah panjang Hadang  danDagongan.

iklan aston

“Selain itu kami berupaya menjaga, memelihara dan melestarikan warisan leluhur dalam bidang olahraga rakyat agar tidak punah dalam menghadapi serbuan modernisasi dan globaliasi saat ini,” jelas Achmad Yani di ruang kerjanya pada Rabu (7/09/2022).

Menurut dia rangkaian peringatan Haornas akan diawali dengan senam bersama Bupati Banyuwangi, Forpimda, Pengurus KONI, Pengurus Cabang Olahraga dan guru dan siswa di lingkungan kantor Pemkab Banyuwangi.

Kemudian dilanjutkan dengan Gowes bareng dengan mengambil start di kantor Pemkab Banyuwangi – Simpang Lima- Jalan Jaksa Agung Suprapto- Jalan HOS Cokroaminoto dan finish di Kawasan GOR Tawangalun, imbuh Yani.

Selanjutnya akan digelar lomba olahraga rakyat yang pesertanya adalah para pelajar SMA/SMK dan Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta yang ada di wilayah Banyuwangi baik putra maupun putri akan digelar di Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi.

Adapun jenis olahraga yang dilombakan adalah; Egrang dan Terompah panjang untuk siswa putra. Sedangkan untuk lomba Hadang (Gobak Sodor) dan  Dagongan pesertanya adalah pelajar putri.

Selain itu, lanjut dia dalam Haornas tahun ini, Dispora Banyuwangi juga akan menggelar perlombaan olahraga bagi Difabel SD – SMA LB untuk tuna rungu dan tuna grahita. Dengan rincian; untuk tingkat SD/MI lomba Atletik  lari 80 meter untuk putra-putri.

Kemudian ada lomba lari 100 meter putra-putri untuk SMP LB, pertandingan cabang olahraga Bulutangkis nomor tunggal putra untuk SMP  – SMA LB dan Tenis meja untuk putra SMP – SMA LB.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.