Salain BLT DD, Pemdes Tamanagung Juga Prioritaskan Program Ketahanan Pangan

by -594 Views
Wartawan: M. Yudi Irawan
Editor: Herry W. Sulaksono
Ketua TPK Desa Tamanagung saat di lokasi pembangunan (yud)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Geliat membangun sarana infrastruktur pedesaan masyarakat bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Tamanagung Kecamatan Cluring, terus digiatkan. Melalui Dana Desa (DD) Tahun 2022, pemdes setempat realisasikan pembangunan jalan paving ke sektor pertanian untuk program ketahanan pangan.

Pembangunan fasilitas jalan tersebut menurut PJ Kepala Desa Tamanagung Sugiyono, melalui Budi, Ketua Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Tamanagung, direalisasikan tepat di perbatasan Desa Tamanagung, dan Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, tepatnya di Dusun Krajan menuju Dusun Sumberwaru.

iklan aston

Selain akses jalan disektor pertanian Pemdes Tamanagung, juga membangun platdeker di Dusun Krajan, serta membudidayakan burung hantu atau Tito Alba, untuk menjaga tanaman petani dari serangan hama tikus, agar tanaman petani di persawahan aman dari hama tersebut.

Disektor peternakan DD juga akan direalisasikan untuk budidaya kambing ke masyarakat desa setempat. Meski demikian menurut Budi, yang jadi prioritas tahun ini masih Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) untuk masyarakat.

“Pembangunan sarana infrstruktur juga direalisasikan untuk fasilitas masyarakat kususnya jalan pertanian. Saat ini masih dalam proses pengeejaan,” jelas Budi, saat di lokasi kegiatan, Kamis (21/07/2022).

Imam Muchlisin Sekdes Tamanagung saat melayani masyarakat

Imam Muchlisin Sekertaris Desa Tamanagung Kecamatan Cluring mengatakan, kegiatan pembangunan sudah berdasar pada Anggaran Pendapatan dan Pembelanjaan Desa (APBdes) yang sebelumnya sudah diajukan masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Pihaknya berharap seluruh kegiatan pembangunan, pemberdayaan, dan budidaya yang masih dalam proses realisasinya berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, kususnya diprogram pemerataan pembangunan.

“Alhamdulillah, sudah sudah terealisasi dan mulai dikerjakan oleh rekan – rekan TPK,” terang Imam Muchlisin. ////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.