Gelar Upacara Budaya Grebeg Pancasila, Walikota Blitar : “Mari Kita Terus Gelorakan Bersama Nilai-nilai Pancasila”

by -520 Views
Walikota Blitar Santoso memberikan sambutan
iklan aston

Blitar , seblang.com – Pemerintah Kota Blitar menggelar Upacara Budaya Grebeg Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada 2022. Upacara tersebut dilaksanakan di Alun-alun Kota Blitar pada Rabu, (01/06/2022).

Walikota Blitar Santoso memimpin pelaksanaan Upacara Grebeg Pancasila tersebut. Sejumlah Pejabat Forpimda Kota Blitar dan undangan dari Kota/Kabupaten lain juga ikut hadir dalam upacara Grebeg Pancasila.

iklan aston

Dalam sambutannya, Santoso menyampaikan pada tataran praktis kehidupan keseharian yang bersumber dari kandungan sila-sila Pancasila, posisi Pancasila sebagai Way of Life atau pandangan hidup berbangsa dan bernegara itu akan melahirkan sifat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi terhadap kepentingan bangsa dan negara.

“Karena Pancasila adalah milik kita semua. Milik seluruh bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau juga mengatakan akan tetap berupaya menghidupkan pesan nilai kandungan butir-butir Pancasila di setiap kebijakan dan keputusan yang diambil Pemkot Blitar untuk masyarakatnya. Begitupun masyarakat Kota Blitar ia ajak dan diminta turut menghidupkan serta mampu mengamalkan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan Pemerintah Kota Blitar. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat warga masyarakat,” kata Santoso.

Melalui momen ini juga, Santoso mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Virus Covid-19 dan menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada aktivitas kehidupan sehari-hari. Baginya dengan aksi seperti ini sebagai cara jitu bersama-sama merubah Pandemi Covid-19 menjadi endemi.

“Demikian beberapa hal yang saya sampaikan pada kesempatan baik ini. Semoga Pancasila selalu berada di dalam jiwa kita semua dan seluruh upaya kita senantiasa mendapatkan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Rangkaian Agenda Grebeg Pancasila diawali dengan Bedhol Pusaka, Pawai Lentera, dan Malam Tirakatan Grebeg Pancasila pada Selasa, (31/05/2022). Lalu dilanjutkan dengan Agenda Upacara Grebeg Pancasila, Kirab Gunungan Lima, dan Kenduri Pancasila. (Vin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.