Cegah PMK, Satgas Gelar Penyemprotan Disinfektan di Kandang Ternak Warga

by -454 Views
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Semakin meluasnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Jawa Timur, mendapat perhatian serius dari Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Penyebaran PMK Situbondo.

Untuk itu, petugas Satgas PMK melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi milik warga di Desa Kalibagor dan Kotakan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, Kamis (19/05/2022).

iklan aston

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, Kholil menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai bentuk pencegahan wabah PMK agar tidak masuk ke Kota Santri Pancasila.

“Memang hingga saat ini belum ada laporan hewan ternak warga yang terjangkit PMK. Namun kita tetap melakukan langkah-langkah antisipatif dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mantan Kepala DLH Situbondo ini mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan di setiap kandang ternak sapi dan kambing milik warga di dua desa itu.

“Untuk jumlah pastinya belum tau, karena hingga saat ini proses penyemprotan disinfektan masih berlangsung,” tegasnya.

Lebih jauh, pria berkacamata ini menjelaskan, selain melakukan penyemprotan disinfektan pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada para peternak tetang wabah PMK.

“Harapan kita para peternak ini tidak panik dan yang terpenting selalu menjaga kebersihan kandang dan ternaknya,” bebernya.

Kholil meminta kepada para peternak untuk melaporkan ke pihak desa maupun kecamatan bila mendapati hewan ternaknya sakit.

“Sehingga petugas kami langsung melakukan pengobatan. Yang terpenting hewan ternak yang sakit jangan dijual. Karena pasti harganya murah, sehingga peternak merugi,” pungkasnya. (imam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.