Pastikan Liburan Lebaran Idul Fitri Aman dan Nyaman Pemkab Banyuwangi Lakukan Monev di Destinasi Wisata

by -790 Views
Tim Monev Disbudpar Banyuwangi saat berada di salahsatu Pospam Lebaran di Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya memastikan pelayanan di destinasi wisata yang ada di Banyuwangi tetap aman dan nyaman bagi wisatawan saat libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2022, Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi melakukan program kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) destinasi wisata yang ada di daerah ujung timur Pulau Jawa pada Jumat (29/04/2022).

Dalam pelaksanaan program tersebut MY. Bramuda, Kepala Disbudpar Banyuwangi, memberikan pemaparan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tentang point-point penting yang harus dipatuhi oleh pengelola destinasi wisata, antara lain; konsistensi penegakan protokol kesehatan (Prokes), penggunaan aplikasi Peduli Lindungi, pemakaian e-ticket/ aplikasi Online serta prioritas pengunjung yang telah bervaksin dan penyiapan alat-alat keselamatan khusus untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung dan wisatawan.

iklan aston

Komitmen bersama tersebut perlu dilakukan karena saat ini pandemi belum sepenuhnya hilang. Dan hal tersebut ekaligus sebagai langkah menjamin keselamatan bersama sekaligus untuk peningkatan dan pemulihan ekonomi masyarakat khususnya sektor pariwisata.

“Kita sudah melakukan sosialisasi dan mengeluarkan Surat Edaran kepada semua Hotel, Restoran & Pokdarwis tentang kesiapan pelaku wisata untuk menyambut wistawan saat libur lebaran di Banyuwangi,” kata Bramuda.

Dia menuturkan pihaknya telah membentuk tim Monev untuk berkeliling memantau langsung di lapangan dan mengevaluasi semua destinasi wisata, hotel dan restoran yang ada di kabupaten yang dikenal sebagai serpihan tanah sorga di ujung timur Jawa dalam bidang pariwisata .

Salah satu destinasi wisata yang kemarin telah dimonitoring oleh tim di Wisata Rejopuro Desa Kampunganyar Kecamatan Glagah Banyuwangi.

Menurut Sami’an, Ketua Pokdarwis Wisata Rejopuro selama bulan Ramadan destinasi wisata yang dikelola ditutup total karena ada program renovasi dan bersolek dalam menyambut kedatangan pengunjung dalam liburan Lebaran..

“Bulan suci Ramadan adalah momen semua orang lebih giat dalam beribadah. Oleh karena itu, kami sepakat untuk menutup Wisata Rejopuro selama bulan Ramadan. Hal ini juga merupakan momen yang tepat untuk perbaikan kolam di Wisata Rejopuro,” jelas Sami’an.

Selanjutnya dia menambahkan seluruh tim Pokdarwis Rejopuro melakukan kegiatan gotong royong dan kerja bakti untuk pemeliharaan seluruh area yang ada. Sehingga pada saat libur lebaran tiba, destinasi wisata alam tersebut sudah sangat siap dalam menyambut kunjungan wisatawan.

Setelah pemerintah melakukan kebijakan pelonggaran-pelonggaran, dalam liburan lebaran tahun ini, semua pihak berharap jumlah kunjungan di destinasi wisata Banyuwangi mengalami peningkatan yang signifikan namun masih terkontrol dan terkendali.

Sehingga liburan panjang tahun ini mampu menggerakaan dan membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku usaha pariwisata di Banyuwangi.

Untuk itu Pemkab Banyuwangi melalui Disbudpar mengharapkan para pengelola destinasi wisata mampu menjalankan instruksi dan panduan yang sudah diberikan dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan wisatawan selama berada di Banyuwangi.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.