Menjelang Lebaran Tren Warga Yang Menebus Perhiasan di Pegadaian Banyuwangi Meningkat

by -881 Views
Seorang nasabah sedang mendapatkan layanan petugas di Kantor Cabang Pegadaian Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran ada kecenderungan peningkatan jumlah warga melakukan penebusan barang berupa perhiasan yang mereka gadaikan di Kantor Pegadaian Cabang  Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurut Kepala Pegadaian Cabang Banyuwangi, melalui melalui Penaksir Fitrio Anugrah dalam beberapa waktu terakhir transaksi di pegadaian cenderung mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari-hari normal,  Selasa (26/04/2022)..

iklan aston

“Tren peningkatan transaksi terjadi pada warga yang melakukan pelunasan atau menebus barang daripada masyarakat yang menggadaikan barang,” jelas  Fitrio Anugrah yang akrab disapa Rio.

Dia menuturkan, adanya peningkatan tren transaksi di kantor Pegadaian Cabang Banyuwangi sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

Berdasarkan data yang ada menjelang lebaran tahun ini, kata dia, dalam sehari pihaknya mencatat layanan sekitar 100 transaksi yang nilai omsetnya mncapai  ratusan juta.

“Mayoritas sekarang banyak nasabah pelunasan, sehari kita bisa melayani sampai 100 transaksi. Perbandingannya itu, sekitar 85 orang transaksi pelunasan sisanya gadai,”  imbuh Rio.

Selanjutnya dia menambahkan  fenomena yang biasa terjadi di kantor Pegadaian menjelang lebaran biasanya nasabah yang melakukan transaksi penebusan memang cenderung meningkat karena barang-barang yang digadaikan (perhiasan) akan mereka gunakan pada saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Rata-rata di kantor kami  banyak nasabah yang menggadaikan perhiasan. Memang setiap tahun menjelang lebaran itu banyak masyarakat yang menebus barang gadainya untuk digunakan pada lebaran nanti,” kata Rio.

Lebih lanjut Rio mengungkapkan pihaknya  memprediksi puncak transaksi penebusan barang di Pegadaian Cabang Banyuwangi akan terjadi pada pekan ini.

Namun, lanjut Rio, kondisi akan berbanding terbalik  pasca lebaran nanti dimana ada kecenderungan nasabah biasanya kembali menggadaikan perhiasan mereka.

“Jadi pada saat menjelang lebaran tren penebusan barang gadai tinggi. Namun ketika lebaran usai tren warga yang menggadaikan biasanya mengalami peningkatan,” pungkasnya.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.