Wabup Banyuwangi Resmikan Sasak Gantung Terpadu Sebagai Destinasi Wisata Desa Berdaya

by -815 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah meresmikan sasak gantung terpadu (ist)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – H Sugirah, Wakil Bupati Banyuwangi Jawa Timur meresmikan  Sasak Gantung Terpadu sebagai destinasi wisata yang berada di desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng pada Kamis (06/01/2022).

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Sonny T. Danaparamita, Anggota DPR RI,  Staf Ahli Pemkab Banyuwangi , Forkopimka Kecamatan Genteng Kepala Desa dan Tokoh Pemuda Genteng Kulon serta stake holder lainnya.

iklan aston

Peresmian Sasak Gantung Terpadu yang menawarkan permainan kano dan tubing serta menyediakan aneka macam makan minumam ditandai dengan pengguntingan pita oleh wabup Banyuwangi dan penebaran ribuan bibit ikan di Kali Setail.

Selain itu panitia pelaksana  juga menampilkan berbagai macam hiburan seni tari dari sanggar Sekar Wangi dan lagu-lagu yang ditampilkan oleh  kelompok Angklung Anjal  Genteng.

Sonny yang merupakan warga asli Genteng dalam. wawancara dengan wartawan setelah acara tersebut memberikan apresiasinya atas inovasi dan kreatifitas BPD bersama Karang Taruna yang mendapat support dari pemerintah desa sehingga terlaksananya kegiatan Sasak Gantung Terpadu sebagai Destinasi Wisata Desa Berdaya.

Menurut dia beberapa waktu lalu, BPD, Karang Taruna dan Panitia pelaksana menemui dirinya di “Rumah Aspirasi de Giri”, yang ada di depan SMP Negeri 1 Giri.. Saat itu mereka menyampaikan undangan launching destinasi Sasak Gantung Terpadu dengan konsep yang baru.

“Saya menyambut baik dan mendukung penuh program yang cukup bagus ini”, ujar Sonny yang semasa kecilnya juga suka bermain di sepanjang sungai Setail.

Alumni SMA Negeri 1 Genteng itu menuturkan dia melihat bahwa anak-anak muda di desanya sudah sangat kreatif. Sebagai warga desa Genteng Kulon, tentunya  senang dengan fasilitasi yang telah diberikan oleh Pemerintah Desa kepada mereka.

“Apabila inovasi dan kreatifitas seperti ini dilakukan oleh semua level dan wilayah, maka bonus demografi yang kita inginkan akan dapat terjadi”, terang Sonny.

Selanjutnya terkait dengan program Desa Berdaya, Legislator Senayan asal Dapil III jawa Timur itu berharap agar Pemerintah Desa bersama BPD Genteng Kulon dapat memaksimalkan pelaksanaan dari program yang inovatif tersebut.

Dengan Desa Berdaya diharapkan akan terjadi peningkatan kapasitas, baik secara personal maupun institusional. Dan pada gilirannya nanti masyarakat akan mampu menemukan mengenali dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Untuk itu sinergi dan kolaborasi adalah dua kata kunci dalam. melaksanakan program Desa Berdaya,  imbuh anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini. //

“Para pelaku usaha mikro yang nanti mengisi destinasi ini dapat disinergikan dengan program “UMKM Naik Kelas-nya” Pemkab Banyuwangi. Begitu juga dengan para pelalu seni budaya dan Karang Taruna-nya. Mereka dapat berkolaborasi dengan siapa saja, termasuk dengam Rumah Aspirasi kami” pungkas Sonny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.