Diterjang Angin Kencang Delapan Belas  Rumah di Banyuwangi Rusak

by -553 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Hujan disertai angin melanda Banyuwangi (ist)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Delapan Belas  rumah di tiga desa dalam dua kecamatan di Banyuwangi mengalami kerusakan akibat hujan deras yang disertai angin kencang pada Kamis, 23 Desember 2021 pukul 23.00.

Menurut Ilzam Nuzuli, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Plt. Kalaksa BPBD) Kabupaten  Banyuwangi pada Kamis (23/12/2021) terjadi hujan sedang sampai lebat yang disertai angin kencang mengakibatkan rumah rusak dan pohon tumbang di Dusun Toyamas Desa Wringinrejo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Kejadian yang sama juga menimpa beberapa rumah warga Dusun Kalisepanjang Desa Sumbergondo Kecamatan  Glenmore dan Dusun Balerejo Desa Bumiharjo Kec. Glenmore Kabupaten Banyuwangi, tambah Ilzam.

“Dampak dari musibah tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan 18 rumah rusak. 14 rumah di Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran dan 1 unit rumah di Desa Sumbergondo serta 3 rumah di Desa Bumiharjo Kecamatan Glenmore,”jelas Ilzam melalui sambungan WhatsApp (WA) pada Jumat (24/12/2021).

Selain itu angin kencang juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan listrik sempat  padam karena tertimpa pohon. Petugas bersama dengan warga setempat telah melakukan pemotongan pohon yang tumbang.

Ilzam menuturkan Pusdalops BPBD Banyuwangi mendalami informasi  tersebut melalui kades dan beberpa sumber lainnya untuk mendapatkan informasi yang detail dan petugas PLN telah tiba dilokasi untuk melakukan tugasnya

Lebih lanjut dia menambahkan pihaknya terus memonitor informasi dari Kades Wringinrejo terkait perkembangan informasi dampak angin kencang.  Untuk Desa Bumiharjo sesuai saran masukan Tupon,  Kades setempat pada Jumat (24/12/2021) pagi masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan sisa puing serta melakukan pendataan yang lebih akurat.

“Tim BPBD Kabupaten Banyuwangi hari ini mengagendakan untuk memberikan sembako bagi warga masyarakat di tiga desa yang tertimmpa musibah dan melakukan pendataan lebih detail kerusakan akibat hujan deras yabg disertai angin kencang tersebut,” ungkas Ilzam. //

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.