OKP di Banyuwangi Sinergi Peringati Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Jaya Cemetuk

by -299 Views
Peringatan Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Jaya Dusun Cemetuk, Desa Cluring, Banyuwangi (Foto: M. Yudi Irawan/seblang.com)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Monumen Pancasila Jaya menjadi saksi bersatunya para muda di Banyuwangi. Dari sejarah kelam yang merenggut nyawa 62 Syuhada pemuda Ansor Kecamatan Muncar akibat kebiadapan G-30/S PKI, organisasi kepumudaan di Banyuwangi bertekat bersatu padu saling bersinergi, bersama – sama menjaga NKRI.

pada momen tersebut para OKP (organisasi Kemasyarakatan Pemuda) yang terdiri dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Serba Guna (Banser), Persatuan Pemuda (PP) Muhamadiyah, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam), dan Forum Pemuda Lintas Agama (Formula) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tepat di Tanggal 1 Oktober 2021 di Monumen Pancasila Jaya Dusun Cemetuk, Desa Cluring, Banyuwangi.

iklan aston

Di depan monumen yang menjadi saksi bisu keganasan G-30/S PKI pada 18 Oktober 1965 silam, organisasi kepemudaan di Banyuwangi tersebut mengambil sikap tegap menyanyikan Indonesia Raya, dan membaca teks Pancasila secara bersama – sama.

“Kejadian-kejadian kelam bisa dijadikan pelajaran para generasi muda. Agar peristiwa mengerikan itu tidak terulang. Harapan kita sebagai pemuda tentunya bisa bersatu padu, berkolaborasi, menjaga kebersamaan secara bersama – sama,” papar Ahmad Fauzi, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Cluring.

Hal senada juga dikatakan Lukman Hakim Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhamadiyah Kabupaten Banyuwangi. Dalam momen Hari Kesaktian Pancasila ini pihaknya berharap Pancasila tidak hanya sekedar seremonial, diperingati, tetapi bisa diaplikasikan.

“Ini adalah kegiatan yang luar biasa. Pemuda Ansor dan Pemuda Muhamadiyah di hari Kesaktian Pancasila ini bisa bersatu. Dan hari ini Persatuan Indonesia. Harapan kami kedepan bisa bersinergi untuk memajukan Banyuwangi kususnya Indoensia,” ungkap Lukman Hakim.

Kapten Inf. Edy Supriyono Pasiter Kodim 0825 Banyuwangi yang hadir dalam peringatan tersebut berpesan, agar tetap menjaga kebersamaan dan mengambil hikmah dari tragedi tersebut.

“Kita tidak boleh melupakan sejarah, kita bisa ambil hikmah agar kejadian kelam tidak terjadi lagi. Pancasila sudah dirumuskan oleh pendiri bangsa. Mari kita pedomani,” papar Kapten Inf. Edy Supriyono.

Berlangsungnya kegiatan, jajaran Polsek Cluring yang hadir hikmat dalam peringatan. Jalannya kegiatan berlangsung aman dan lancar. Para peserta yang hadir juga mematuhi protokol kesehatan.

Penulis : M. Yudi Irawan

Editor    : Herry W. Sulaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.