Pemdes Cluring Tabur Bunga di Monumen Pancasila Jaya Cemetuk

by -1110 Views
Tabur bunga di Monumen Pancasila Jaya Dusun Cemetuk, Desa Cluring (Foto : M. Yudi Irawan/seblang.com)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Desa Cluring, Kecamatan Cluring, gelar doa bersama dan tabur bunga di Monumen Pancasila Jaya Dusun Cemetuk, Desa Cluring, Kamis (30/09/2021).

Menurut Sunarto Kepala Desa Cluring kegiatan tersebut dalam rangka peringatan G-30/S PKI. Rangkaian kegiatan diawali dengan sikap tegap di depan monumen Pancasila Jaya, mengheningkan cipta, ditutup dengan doa bersama sembari menabur bunga ke 3 lubang yang menjadi saksi bisu kekejaman PKI di masa silam.

iklan aston

“Siapapun yang datang ke sini tidak lain adalah mendoakan para syuhada yang telah gugur. Kedua, siapapun yang datang bisa mendokumentasikan untuk wisata sejerah, dan bisa diambil hikmah dari sejarah yang telah terjadi di masa silam,” jelas Sunarto.

Bertepatan dengan acara itu, GP Ansor dan Korayon Banser Kecamatan Cluring juga melaksanakan kegiatan yang sama. Organisasi ini melakukan napak tilas dari Karangasem yang kini menjadi Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran, berjalan menuju timur ke monumen tersebut. Kegiatan diakhiri menabur bunga dan mendoakan para Pemuda Ansor Kecamatan Muncar yang menjadi korban keganasan PKI.

Monumen Pancasila Jaya Dusun Cemetuk Desa Cluring adalah saksi bisu gugurnya 62 Pemuda Ansor dari Kecamatan Muncar. Tragedi tersebut terjadi pada 18 Oktober 1965. Para syuhada ini gugur karena keganasan PKI di masa silam.

Penulis : M. Yudi Irawan

Editor    : Herry W. Sulaksono

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.