Sempat Tertunda Karena Pandemi Lanjutan Pilkades Banyuwangi Tunggu Keputusan Pusat

by -465 Views
H Mujiono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwang (foto: Nurhadi/seblang.com)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com -Pemkab Banyuwangi masih menunggu surat keputusan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tindak lanjut pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang seharusnya digelar bulan Agustus 2021 lalu tetapi tertunda karena pandemi Covid 19.

Menurut H Mujiono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, untuk penganggaran  sudah disiapkan mengantisipasi apabila Banyuwangi masuk  level 1 kemudian diijinkan untuk penyelenggaraan Pilkades serentak.

iklan aston

”Kita jalan tetapi prosesnya juga masih terus berjalan dan dari segi persiapan teman-teman di Kabag Tata Pemerintahan Desa (Tapemdes) sudah siap. Kemudian panitia Pilkades di desa-desa itu juga sudah siap tinggal nunggu surat edaran dari Mendagri  maupun dari Menpan RB,”jelasnya kepada wartawan di gedung DPRD Banyuwangi Rabu (22/09/2021).

Selanjutnya dia menuturkan apabila kondisi normal sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan seharusnya pilkades serentak di Banyuwangi  sudah dilaksanakan satu bulan yang lalu bahkan sudah ada penetapan pemenang.

Untuk itu pihaknya mengajak semua pihak untuk bersabar menunggu instruksi dari pusat.”Kalau memang  nanti ada intruksi dari pusat kita jalankan  sesuai denga aturan dan ketentuan yang ditetapkan,” imbuh mantan dosen Untag Banyuwangi itu.

Bagi pemerintahan desa yang pejabatnya sudah habis masa baktinya sementara diganti dari teman-teman ASN masih bisa.”Itu kan internal kita yang penting  ada yang mengisi. Tetapi kalau pelaksanaan pemilihan kades definitif dan harus melakukan demokrasi Pilkades,”pungkasnya.

Sementara M. Nachrowi, Kabag Tapemdes Pemkab Banyuwangi mengungkapkan untuk jadwal pelaksanaan pilkades serentak kemungkinan bulan Oktober 2021 mendatang masih menunggu keputusan pusat.

“Untuk penitia pilkades maupun tahapan-tahapan  lanjutan tetap berjalan sesuai rencana cuma jadwalnya yang ditunda karena pandemi Covid 19. Beberapa desa kan tinggal melakukan  tes bagi calon kepala desa (Cakades) dan semuanya sudah siap tinggal menunggu keputusan pusat saja,”jelas Nachrowi kepada wartawan media ini di kantor Pemkab Banyuwangi Kamis (23/09/2021).

Penulis : Nurhadi

Editor : Herry W. Sulaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.