Matangkan Persiapan Kunjungan Kemenparekraf RI, Kadisbudpar Jatim Supervisi Desa Tamansari

by -473 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam melakukan persiapan menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf) Republik Indonesia (RI) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Jawa Timur ( Jatim) didampingi Kadisbudpar Kabupaten Banyuwangi langsung turun memberikan pendampingan dan supervisi ke Desa Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi, Minggu (05/09/2021).

Dalam kunjungan kerjanya, Kepala Disbudpar Jatim, Sinarto S. Kar. MM, melihat langsung kesiapan Desa Tamansari untuk menyambut kunjungan Menparekraf RI M. Sandiaga Uno sebagai rangkaian penilaian menuju Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

iklan aston

Menurut Sinarto, Provinsi Jatim menempatkan 6 Desa Wisata terbaik masuk dalam 50 Besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2021) yaitu : (1) Desa Wisata Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi , (2) Desa Wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo dan (3) Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang.

Kemudian keempat Desa Wisata Sanankerto, Kabupaten Malang, kelima dan keenam adalah Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong,Kabupaten Mojokerto dan Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar .

Rangkaian kunjungan kerja Kadisbudpar Jatim bersama tim yang didampingi Kadisbudpar Banyuwangi dimulai dengan pertemuan di Kantor Desa Tamansari. Kemudian dilanjutkan ke tempat pengolahan belerang PT. Candi Ngrimbi an diakhiri dengan kunjungan ke Sendang Seruni dan Taman Gandrung Terakota.

Dalam kesempatan tersebut, M.Yanuarto Bramuda, Kadisbudpar Kabupaten Banyuwangi memberikan laporan perkembangan persiapan Desa Tamansari dalam menghadapi ADWI 2021 mulai dari potensi desa sampai pada kesiapan terhadap 7 indikator penilaian.

Sementara Mahsun, Ketua Masyarakat Desa Wisata Tamansari mengungkapkan, paket wisata lengkap sudah ada didesany. Wisatawan bisa menikmati alam dan berlibur disini.

“Saat ini masyarakat dan pemerintah desa bersama-sama bergotong royong dan bahu membahu menghidupkan desanya. Salahsatu hasil kerja keras tersebut secara nasional mengakui Desa Tamansari masuk dalam 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia,”  jelas Mahsun.

Masyarakat Desa Wisata Tamansari, Licin Banyuwangi wajib bangga dengan keberhasiln desanya masuk dalam 50 desa wisata terbaik di tingkat Nasional. Dalam lomba tersebut harus bersaing dengan sekitar 1.831 desa yang ada di Kota/Kabupaten se Indonesia.(nur/hei)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.