Bupati Banyuwangi Launching Rumah Sakit Hewan

by -933 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan launching Rumah Sakit Hewan (RSH) Banyuwangi yang berada di kawasan kantor Satpol PP Banyuwangi Senin (7/06/2021).

Menurut  Bupati Ipuk program yang dilakukan dalam rangka memberikan fasilitasi  kesehatan hewan piaraan milik warga masyarakat. Sedangkan untuk hewan ternak selama ini pelayanan kesehatan hewan diberikan melalui pusat kesehatan hewan (Puskeswan) yang ada di wilayah kecamatan.

iklan aston

“Kami berharap rumah sakit hewan ini nantinya bisa berkembang  dan tadi sudah berbicara dengan Kepala Dinas Pertanian agar ke depan regulasinya ada perbaikan sehingga bisa berkembang. Karena selama ini RSH belum bisa menerima tarif layanan. Nanti kalau sudah ada regulasinya maka bisa memungut biaya yang digunakan untuk pengembangan rumah sakit,”jelas Ipuk.

Menurut Ipuk semakin banyak komunitas pecinta hewan piaraan maka fasilitas layanan kesehatan hewan di Banyuwangi menjadi kewajiban pemerintah untuk memfasilitasinya. Apabila tidak disiapkan maka tidak menutup kemungkinan masyarakat lalai dalam memberikan layanan kesehatan baik pada hewan piaraan mereka.

Sementara Arief Setiawan, Kepala Dinas Pertanian Banyuwagi menuturkan layanan kesehatan hewan yang diberikan mulai dari pemeriksaan, laboratorium, ruang operasi,ruang USG, ruang Xray, apotik dan beberapa fasilitas yang menyesuaikan dengan kebutuhan.

“Untuk sementara tarif layanan gratis karena belum ada regulasi yang mengatur. Apabila sudah ada perda yang berkaitan dengan tarif dan operasional RSH rujukanya sesuai dengan tarif nasional atau tarif yang berlaku secara umum di klinik kesehatan hewan yang ada di Banyuwangi,”jelas Arief.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.