Raja Porang Madiun Paidi Kembangkan Komoditi Porang Bersama Gubernur Bangka Belitung

by -475 Views
iklan aston

Madiun, seblang.com – Awal tahun 2021 seolah menguatkan status raja porang Madiun, Paidi menjadi rajanya raja. Diawal tahun ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengundang Paidi untuk berdiskusi di Ruang Rapat Gubernur Kepulauan Babel, terkait kerja sama untuk membudidayakan porang.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi meminta kepada raja porang terkait budi daya mulai dari pembibitan hingga panen.

iklan aston

Dengan mengetahui secara rinci terkait pengembangan komoditi porang, Pemprov. Kepulauan Babel tidak ragu untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan besutan Paidi, yaitu PT. PAIDI INDO PORANG.

“Dari penjelasan tadi, akhirnya kami yakin dan sepakat untuk melakukan kerja sama dalam rangka persiapan pembibitan dan yang mengembirakan saya, kerja sama ini atas permintaan mereka sendiri. Nanti di Babel akan didirikan pabrik sebagai offtaker komoditi porang di Babel,” pungkasnya.

Gubernur optimis dan termotivasi untuk mengembangkan komoditi porang di wilayahnya, mengingat saat ini porang sudah menjadi kebutuhan dunia.

“Mumpung komoditi ini sedang booming, kesempatan ini peluang bagi petani, tanamlah porang sebanyak-banyaknya. Pembelinya sudah ada, sekarang masyarakat tinggal pilih mau jadi petani atau jadi penonton,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi jurnalis pada hari Jum’at 19/3 via seluler, Paidi selaku Direktur Utama PT Paidi Indo Porang membenarkan bahwa Pemprov. Kepulauan Babel serius untuk pengembangan porang. Hal ini guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Masyarakat harus tahu, bahwa porang sedang dibutuhkan oleh dunia. Kesempatan ini peluang besar bagi petani. Kami nanti akan bangun pabrik, sehingga Babel menjadi pusat porang di wilayah Sumatera,” ujarnya.

Paidi menambakan bahwa Bangka belitung dikenal dengan pulau timah dan lada. Lahan bekas tambang dimana-mana tidak bisa difungsinkan lagi, lahan pertanian semakin kurang.

“Ini gebrakan Gubernur Babel dalam dunia pertanian, merubah bekas tambang menjadi lahan porang,” ungkapnya. Setelah ada inovasi dan terobosan dalam pengelolaan lahan, kedepan Babel akan menjadi salah satu pulau yang sangat bagus dan potensial untuk pengembangan porang,” tutupnya.

Wartawan : Anwar Wahyudi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.