Ki Ichwan Dwi Purbo Carito Dalang Milenial Asal Banyuwangi

by -697 Views
Ki Ichwan Dwi Purbo Carito Dalang Milenial Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam catatan sejarah perjalanan umat Islam di Indonesia tentunya tidak bisa lepas peran Para Wali yang berdakwah, menyebarkan dan mengembangkan Agama Islam dengan menggunakan seni budaya wayang kulit sebagai media.

Dan hal tersebut menjadi salahsatu satu alasan bagi sosok Ki Ichwan Dwi Purbo Carito dalang milenial asal Banyuwangi yang memilih seni budaya wayang kulit sebagai hobinya.

iklan aston

“Alasan yang pertama untuk melestarikan warisan budaya Jawa yang luhur. Selanjutnya yang kedua untuk syiar agama karena dengan wayang bisa diselipkan pitutur pitutur yang berbau agama khususnya agama Islam seperti dalam pagelaran dalam Aktualisasi Seni Budaya Kabupaten Banyuwangi Tahun 2020 yang bertajuk Saturday Night di Taman Blambangan Banyuwangi sebelum pandemi Covid 19 lalu,”jelasnya.

Generasi Muda LDII asal Desa Tamansari Kecamatan Tegalsari Banyuwangi itu menuturkan mulai belajar dalang sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Kesenian Indonesia (SMKI) di Jawa Tengah dan setelah lulus terus kuliah di Banyuwangi.

Anak pasangan Samur Hadi – Nur Arini itu menyarankan generasi muda untuk tidak meninggalkan warisan budaya leluhur yang adiluhung dan terus dipelajari dipelihara dijaga dan dilestarikan eman-eman apik.

“Yang penting harus mampu membagi waktu karena seni budaya ini sekedar bobi sekedar sampingan yang nomor satu tetap ibadah,”jelasnya.

Dalang milenial asal kecamatan Tegalsari tersebut menambahkan dengan kehlian mendalang selama ini sudah pernah tampil di Palembang dan di Kalimantan Tengah tepatnya di Suka Mandang.

Namun pengalaman yang paling membekas dalam ingatanya adalah pada saat di wisuda sebagai dalang.“Karena wisuda itu pengukuhan dalang dengan gelar Ki Ikhwan Dwi Purbo Carito, nama yang diambil guru besar saya yaitu Pak Purbo Asmoro dari Solo. Pada waktu pengukuhan seperti layaknya wisuda yang dihadiri tujuh tokoh dalang senior Banyuwangi. Untuk dunia pedalangan idol saya Ki Purbo Asmoro,”pungkas Ki Ichwan Dwi Purbo Carito

Wartawan Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.