Pengukuhan Peserta Pelatihan Paralegal LKBH Untag Banyuwangi Dan Posbakumadin

by -673 Views
iklan aston

Banyuwangi, Seblang.com Pengukuhan Peserta Pelatihan Paralegal LKBH Untag Banyuwangi dan Posbakumadin Banyuwangi Tahun 2021 dilaksanakan Sabtu 13/02/2021 di Auditorium Untag Banyuwangi.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh ketua LKBH Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi  Saleh, S.H. serta jajarannya, dan juga ketua Posbakumadin H. Nur Hayat, SH.

iklan aston

Ada 46 peserta pelatihan paralegal yang dikukuhkan dan disumpah pada tahun ini. Setelah proses pendidikan dan pelatihan paralegal selama 2 hari perserta diharapkan mampu mengimplementasilan pengetahuan dan mempertanggung jawabkan profesinya.

Ketua panitia Haris Hari utomo, SH. Menyampaikan, “Tentunya kegiatan pelatihan ini tidak berhenti di sini saja akan tetap kami lakukan dikemudian hari. Untuk mereka yang sudah melaksanakan sumpah masih tetap bisa berkesinambungan dengan kami di LKBH Untag khususnya mereka yang dari mahasiswa dan yang lainnya juga bisa terus menjalin hubungan dengan Posbakumadin atau yang lain, ” ujarnya.

Ia menambahkan, sekiranya bisa memberi pelayanan atau pendampingan hukum kepada masyarakat terutama masyarakat miskin, dan juga mendapatkan masalah hukum yang benar tentunya tidak hanya pendampingan hukum saja. “Tetapi edukasi kepada masyarakat supaya mereka lebih mengetahui apa yang terjadi pada dirinya atau keluarganya agar bisa mengerti tentang hukum itu sendiri,” tambahnya.

Haris menegaskan bahwa paralegal berbeda dengan LSM, paralegal melaksanakan pendampingan lebih terstruktur dan paralegal adalah jasa bantuan sosial hukum.

Sementara itu pada ujung acara Irwanto perwakilan peserta menyampaikan pesan dan kesan, pertama ia menyampaikan terimakasih kepada para pihak yang telah menyelenggarakan acara tersebut,

“Yang pertama kesan  kami ucapakan terimakasih banyak kepada panitia terutama dan pihak yang telah mendukung acara ini dan terimakasih telah memberikan kesempatan kepada kami sehingga kami bisa mengikuti pelatihan ini saya ulangi terimakasih banyak kepada semua yg terlibat sehingga acara ini terselenggarakan dengan baik,” ujarnya

Menurut dia, dengan terselenggaranya kegiatan ini ia sadar masih banyak belum mengetahui persoalan persoalan hukum. ”Dan yang kedua  pesan harapan kami sesuai Permenkumham no. 1 tahun 2018 dan jua terkait pelatihan paralegal, harapannya sesuai pasal 9 bukan hanya pelatihan yang pertama ini pelatihan kami anggap pelatihan dasar,” katanya

“Dan mudah mudahan panitia,Lkbh untag, dan posbakumadin banyuwangi diberikan kesehatan, panjang umur sehingga bisa melaksanakan pelatihan paralegal selanjutnya, dan yang terakhir kami mohon maaf yang sebesar besarnya jika ada salah tutur kata dan perilaku kami, kami mohon dimaklumi, dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih,” tambahnya.

Wartawan : Wimbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.