Gubernur Khofifah Ajak Bupati/Walikota Patuhi Arahan Presiden Tentang PPKM Mikro

by -452 Views
iklan aston

Madiun, seblang.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh bupati/wali kota di wilayahnya untuk melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo. Yakni, berkaitan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Hal ini disampaikan oleh gubernur saat berkunjung ke Bakorwil Madiun bersama pejabat di lingkup Pemprov Jatim, Minggu (7/2).

iklan aston

Kunjungan tersebut disambut oleh Wali Kota Madiun Maidi dan Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro.

“Terkait PPKM mikro, Pemprov Jatim berkomitmen untuk melaksanakannya dengan modal sosial yang telah dipupuk sejak 8 bulan lalu, yakni melalui satuan kampung tangguh,’’ ujar gubernur.

Hal ini berdasarkan Inmendagri nomor 3 tahun 2021. Bahwa, Jatim termasuk dalam daerah yang mendapatkan instruksi untuk pelaksanaan PPKM Mikro. Dengan daerah prioritas Malang Raya, Surabaya Raya dan Madiun Raya. Pemberlakuan PPKM Mikro akan dilaksanakan mulai 9 hingga 22 Februari 2021.

Lebih lanjut, mantan menteri sosial itu menjelaskan, kampung tangguh adalah inovasi yang telah diciptakan oleh Polda Jatim dengan dukungan Pemprov Jatim, Kodam V Brawijaya, dan pemerintah kota/kabupaten, dan perguruan tinggi. Yakni, untuk menciptakan satuan terkecil berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong dalam penanganan COVID-19.

Inovasi inipun sesuai dengan rekomendasi WHO bahwa penanganan COVID-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat. kampung tangguh dapat berbasis  RT, RW,  kelurahan maupun desa.

“Kampung tangguh yang sudah ada di Jatim ini tentunya adalah suatu bentuk kearifan lokal yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Selain itu, kebersamaan dalam pelaksanaan kampung tangguh juga akan menciptakan empathy building dan social bonding dalam pelaksanaan PPKM mikro, serta memutus mata rantai penularan COVID-19.

Seperti diketahui, per 7 Februari 2021, jumlah kampung tangguh yang ada di Jatim telah mencapai 3.160 lokasi dan masih akan terus bertambah.

“Kami harapkan pelaksanaan PPKM Mikro ini nantinya bisa berjalan lancar di Jatim. Tentunya dengan dukungan seluruh elemen baik TNI, POLRI, serta masyarakat. Utamanya, dengan terus memperkuat dan memberdayakan keberadaan kampung tangguh yang memang sudah kita terapkan di Jatim,” pungkasnya.

Wartawan : Anwar Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.